Berita

Halaman Berita

SOSIALISASI ARD MAN 2 TEGAL SEMESTER GENAP T. P. 2018/2019

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 17 Juni 2019

* Peserta sosialisasi Praktik Langsung pengisian ARD dipandu Narasumber

Tegal (Slawi) - Madrasah Aliyah Negeri 2 Tegal mengadakan Sosialisasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam rangka memberikan petunjuk pelaksanaan dan teknis pengisian Raport Semester Genap Tahun pelajaran 2018/2019 pada Senin (17/06).

Dalam pengarahannya, A. M. Alwi selaku Kepala Madrasah, menyampaikan bahwa untuk penerimaan raport dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2019. Sedangkan untuk sekolah  di bawah naungan Kemendikbud tanggal 22 Juni 2019. Menurut A.M. Alwi, hal tersebut  hendaknya tidak dijadikan bahan perdebatan.

“Karena jadwal penerimaan raport sudah jelas, maka saya minta dewan guru agar cermat dalam mengisinya.  Misalnya mengenai ketidakhadiran dan sikap siswa terhadap bapak/ibu guru. Perhatian juga  jangan hanya tertuju pada  ketidakhadiran siswa,  tetapi juga cara kita menanganinya. Apakah sudah dilaksanakan dengan bijaksana. Bagi murid yang bersikap tidak baik kepada bapak ibu guru, apakah sudah dilakukan pembinaan lebih lanjut kepada yang bersangkutan”, jelasnya pada saat pengarahan.

Waka Kurikulum, Khasan Bisri, mengatakan “Bagi bapak ibu guru yang akan mengisi rapor agar cermat dan teliti sehingga tidak terjadi kesalahan. Hal ini sangat berpengaruh pada penilaian setiap siswa  dan bisa merugikan yang bersangkutan”, jelasnya disela-sela acara sosialisasi.

Materi Sosialisasi Aplikasi Rapor Digital (ARD), tidak beda jauh dengan aplikasi yang sudah digunakan pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019, sehingga dewan guru tidak terlalu lama untuk menyesuaikan perubahan-perubahan pada aplikasi rapor yang baru, karena sudah mempunyai pengalaman. Bahkan adanya menu fasilitas pada aplikasi untuk mengunduh template, pengisian rapor bisa dilakukan secara offline dan bisa dikerjakan di mana saja.

Dalam sosialisasi ini, materi ARD MAN 2 Tegal disampaikan oleh Dwi Heru Irmawan, salah satu guru MAN 2 Tegal. Selain memberikan materi, dia juga mengajak praktek pengisian raport baik secara manual maupun digital.

“Untuk langkah-langkah pengisian ARD semester genap, guru mata pelajaran harus melakukan secara berurutuan, mulai dari penentuan Bobot KKM, nilai harian sampai nilai akhir. Sedangkan untuk walikelas, ada tambahan input catatan siswa”, pungkasnya. (edo/dhi/AS/qq)


Dibaca sebanyak 163 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial