Berita

Halaman Berita

Suasana Haru Sambut Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Pati 1440 H

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 09 September 2019

* KaKankemenag Pati saat menyambut kedatangan jamaah haji Kab. Pati di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Pati - Empat kloter Jemaah haji Kabupaten Pati yaitu kloter 58, kloter 59, kloter 60 dan kloter 61 sudah tiba di Pati hari ini. Keempat kloter ini sudah tiba di Pati Bumi Mina Tani pada hari Rabu dan Kamis kemarin (4 dan 5 September 2019).

Jemaah haji Kabupaten Pati kloter 58 yang terdiri dari 8 kelompok Jemaah haji merupakan kloter pertama tiba di Kabupaten Pati pukul 15.00 WIB dan dijemput menggunakan bus, truck double, dan vorejiders. Jemaah kloter 58 terdiri dari 322 jemaah yang meliputi Jemaah dari kelompok Moh. Dahlan, Permata Margoyoso, IPHI Wedarijaksa, Trangkil, Winong, Pucakwangi, Batangan, dan An-Nur Kayen.

Sementara untuk Jemaah haji kloter 59 tiba di Pati pukul 23.00 WIB yang terdiri dari rombongan Jemaah dari IPHI Gembong, Zam-zam NU Pati, dan Al-Khidmah Pati. Untuk jemaah haji kloter 60 landing di SOC pukul 00.25 WIB dan tiba di Pati pukul 08.00 pada Kamis, 5 September 2019. Sedangkan Jemaah kloter 61 tiba di Kabupaten Pati pukul 16.30 WIB yang terdiri dari Jemaah IPHI Cluwak, dan IPHI Gunung Wungkal.

Sementara untuk Jemaah haji kloter tambahan atau kloter 96 diperkirakan dijadwalkan akan tiba di Pati pada 14 September 2019 mendatang.

Mereka disambut Kepala Kankemenag Kab. Pati Imron Rosyidi. Suasana haru dan bahagia dirasakan oleh jamaah. Demikian juga dengan ribuan penjemput para jamaah di halaman Pendopo Pemkab Pati.

KaKankemenag mengatakan, sangat bahagia melihat kondisi jamaah haji Kab. Pati yang tetap dalam keadaan sehat wal’afiat meskipun telah mengikuti serangkaian ritual haji di Mekkah dan Madinah yang tidak mudah dikerjakan apalagi jamaah yang dikategorikan lanjut usia.

Imron dengan bangga atas nama Kemenag Pati, mengucapkan selamat datang kembali dari perjuangan yang tidak mudah.

"Alhamdulillah kloter pertama dan selanjutnya tiba dengan selamat, dengan seluruh rombongan utuh. Selamat menyandang gelar haji dan hajjah, semoga menjadi haji yang mabrur," ucapnya.

"Alhamdulillah jamaah Haji Kab. Pati selamat kembali ke tanah air tanpa kekurangan suatu apapun dan dapat memberikan keberkahan bagi kita semua," katanya.

Imron menyampaikan, di Tanah Suci mereka melaksanakan berbagai tahapan haji. Saat berangkat tidak saling mengenal dan kembali saling mengenal. Jalinan silaturahmi tetap harus dijaga dengan baik.

"Ini kita saling bahu-membahu dan saling bantu. Jalinan silaturahmi ini mari kita bangun dengan baik," katanya.

KaKankemenag juga meminta agar para jamaah sesegera mungkin untuk berkumpul bersama keluarga mereka masing-masing.

"Saya sangat bersyukur kepada Allah atas kepulangan jamaah haji Kab. Pati, dan untuk jamaah haji yang meninggal mari kita sama-sama doakan semoga semua amal ibadahnya di terima disisi Allah SWT,” ujar Imron.

Sementara, Dua jamaah yang harus menunggu selama sembilan tahun akhirnya bisa berhaji, mengaku bersyukur.

"Alhamdulillah luar biasa sekali, kami bersyukur. Banyak suka dukanya. Bahagia sekali bisa wukuf di Arafah," tutur Suroso, jamaah haji dari Kec. Tlogowungu.

Sementara itu, Afandi yang berasal dari Kayen menyebut, pelayanan yang diberikan sangat baik.

"Alhamdulillah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Akhirnya bisa berkumpul dengan keluarga setelah 40 hari beribadah. Pelayanan selama di sana juga luar biasa," ucap Afandi, seorang pengawas pendidikan agama islam kemenag Pati tersebut.

Suasana haru dan bahagia dirasakan oleh jamaah, demikian juga dengan para ribuan penjemput.

"Lega dan senang sekali, mereka sampai dengan selamat. Akhirnya dua keluarga kami sampai. Kami sudah menunggu dari jam satu siang, datang dengan mobil," kata Mariyati, salah satu penjemput.

Jamaah yang kembali juga masih dalam pemantauan kesehatan selama 14 hari. (Am)


Dibaca sebanyak 23 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial