Berita

Halaman Berita

Sukarno Ingatkan Jamaah Calon Haji untuk Waspadai Cuaca Tinggi di Tanah Suci

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 10 Juli 2019

* Sukarno menyampaikan laporan dalam acara pelepasan jamaan calon haji Kab. Tegal

Tegal (Slawi) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, Sukarno, mengingatkan kepada jamaah calon haji Kabupaten Tegal yang berjumlah 1006 orang  untuk mewaspadai cuaca tinggi yang kemungkinan akan terjadi di Tanah Suci. Hal itu disampaikannya dalam laporan Pelepasan Jamaah Calon Haji Kab. Tegal Tahun 1440 H/2019 M yang dilaksanakan di Pendopo Amangkurat Kompleks Pemda Kab. Tegal pada Rabu (10/07).

            “Diperkirakan suku akan mencapai 50 derajat celcius, kondisi yang sangat panas dan tidak biasa kita alami di Indonesia, khususnya di Tegal. Suhu tertinggi kita rata-rata hanya 30 derajat celcius. Karena itu, usahakan untuk banyak minum air putih, selalu memakai masker dan ikuti petunjuk dari petugas kesehatan yang ada di sana”, pesan Sukarno.

            Dalam laporannya di hadapan Bupati Tegal, Umi Azizah, Sukarno menyatakan bahwa dari jumlah 1006 jamaah calon haji, terdiri dari 448 jamaah wanita dan 558 jamaah pria. Sedangkan kalau dilihat dari segi umur, terdapat 90 jamaah yang umurnya di bawah 40 tahun, dan 916 yang berumur di atas 40 tahun.

            “Untuk tahun ini, jamaah calon haji termuda berusia 19 tahun, dan yang tertua berumur 92 tahun. Kita doakan semoga semua jamaah calon haji, baik yang muda maupun yang sudah tua, semua menjadi haji yang mabrur dan tetap selamat saat kembali lagi ke Kab. Tegal pada tanggal 1 September 2019 nanti”, jelas Sukarno.

            Sukarno menambahkan dalam laporannya bahwa daftar tunggu haji per tanggal 5 Juli 2019 sebanyak 29.072 orang. Berarti rata-rata per tahun jumlah jamaah haji Kabupaten Tegal di atas seribu orang. Jumlah yang cukup banyak dan butuh pelayanan yang semakin optimal baik dari Kementerian Agama maupun Pemda Kab. Tegal.

            “Saya sungguh mengapresiasi langkah-langkah dan kebijakan-kebijakanan Pemda Kab. Tegal yang selalu berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan ibadah haji. Hal ini dibuktikan dengan penganggaran penyelenggaraan haji yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.  Tahun ini, Pemkab menganggarkan Rp. 1.386.000.000,00, lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yaitu Rp. 1.250.000.000,00. Semoga ke depan, sinergi antara Kemenag dan Pemda Kab. Tegal serta instansi dan lembaga terkait pelaksanaan ibadah haji semakin meningkat sehingga kita bisa memberikan layanan yang semakin prima kepada masyarakat, khususnya jamaan calon haji”, harapan Sukarno mengakhiri laporannya. (AS/qq)


Dibaca sebanyak 16 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial