Berita

Halaman Berita

Tabulampot di MIN 3 Banjarnegara

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 September 2019

* Suasana praktek Tabulampot di MIN 3 Banjarnegara Kerjasama dengan BPP Kec. Madukara

Banjarnegara - MIN 3 Banjarnegara bekerja sama dengan BPP Kec. Madukara Jumat ini (6/9) mengadakan kegiatan ‘Tabulampot’ di Madrasah. Hal tersebut bertujuan untuk mengatasi keterbatasan lahan di MIN 3 Banjarnegara.

Tabulampot adalah budidaya tanaman buah dalam pot. Sanyoto selaku fasilitator pertanian memberikan cara untuk membuat media tanam kepada siswa-siswi. Menurutnya ada 5 syarat tumbuh Tabulampot yang harus dipenuhi yaitu 1) pemilihan jenis tanaman yang sesuai, 2) pemilihan bibit tanaman, 3) pemilihan media tanam dan pot, 4) pemupukan yang efekti dan 5) pengendalian hama dan penyakit tanaman,

Dari kelima syarat tersebut yang paling penting adalah syarat ketiga. Yaitu pemilihan media tanam dan pot karena merupakan penentu tumbuh suburnya tanaman. Media tanam terdiri dari tiga komponen; berupa tanah, pupuk organik/pupuk kandang dan sekam (pasir atau serbuk gergaji dapat dijadikan alternatif). Media tanam tersebut dapat dicampur dengan perbandingan 1:1:1, terangnya.

“Hal terpenting yang harus dipahami dalam tabulampot adalah saat penyiraman tanaman, dalam hal penyiraman tidak boleh dilakukan berlebihan sampai air merembes dari dalam pot karena hal itu akan menghilangkan unsur hara dan pupuk terbawa oleh air siraman. Harapan dari kegiatan ini adalah membekali siswa agar mengetahui cara menanam tanaman dengan baik dan benar," pungkasnya.

Keuntungan Tabulampot jika dibandingkan dengan hidroponik adalah lebih murah, efektif untuk tanaman dengan ukuran besar untuk menghasilkan buah atau sayur dalam satu kali masa panen.

Tabulampot sebagai upaya untuk membudidayakan tanaman buah/sayur pada lahan yang minimalis sangat cocok untuk dikembangkan bagi masyarakat sekitar madrasah yang nantinya akan dipelopori oleh MIN 3. Adapun tanaman yang daoat dibudidayakan antara lain ; tomat, terong, cabe, tanaman buah seperti buah tiin, buah kelengkeng, buah semangka dan lainnya, ucap Giyanto, Plh Kepala MIN 3 Banjarnegara.

Nantinya MIN 3 Banjarnegara akan bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk dapat menerapkan tabulampot. "Saya juga berharap agar siswa dan siswi yang hari ini dilatih nantinya dapat menaman, merawat serta membudidayakan tabulampot di lingkungannya masing-masing," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut BPP Kecamatan Madukara juga memberikan bantuan benih tomat dan terong ungu. Sugeng Priyanto selaku koordinator program Madrasah Adwiyata berterima kasih kepada BPP Kecamatan Madukara atas bantuan penyuluhan serta benih tumbuhan.

Kedepannya kegiatan seperti ini akan terus dilakukan guna menghijaukan kembali lingkungan madrasah. Sebagai Madrasah rintisan Adiwiyata MIN 3 Banjarnegara terus berbenah."Kami berharap kebersihan lingkungan, pengolahan sampah, penghijauan, pencegahan pencemaran dan pelestarian lingkungan dapat menjadi budaya bagi seluruh warga madrasah tanpa kecuali dan dimulai sejak dini,"tuturnya. (sp/mnh/rf)


Dibaca sebanyak 82 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial