Berita

Halaman Berita

Tahun 2020 CJH Grobogan Sebanyak 1.105 Jemaah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan - 09 Oktober 2019

* Kasi Penyelenggara Haji Dan Umroh Dalam Amanat Apel Pagi Menginformasikan Jumlah Calon Jamaah Haji Tahun 2020 Dihalaman Kantor Kemenag Kab.Grobogan, Rabu (09/10/2019)

Grobogan - Haji adalah ziarah Islam tahunan ke Mekkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban wajib bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup dan ditunggu-tunggu oleh semua orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan Ibadah Haji.

Jumlah calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Grobogan yang berangkat ke Tanah Suci Makkah tahun 2020 akan mengalami kenaikan siknifikan dibandingkan tahun lalu. Pada 2019, jumlah CJH mencapai 1.081, dan perkiraan CJH yang akan berangkat tahun 2020 berjumlah 1105 orang. Ini disampaikan Abdur Rouf Kasi Haji Kemenag Grobogan, dalam apel pagi rutin.

“Memang tahun 2020 nanti ada kenaikan jumlah CJH yang akan berangkat, yang dihitung dari pendaftar haji tanggal 24 November 2011 sampai 20 Januari 2012 dengan Porsi terakhir 1100467367 per 20 Januari 2012. Sehingga perkiraan jumlah haji yang akan berangkat berjumlah 1105,” terang Rouf.

Lebih lanjut Rouf menambahkan, bahwa menindaklanjuti arahan & kebijakan Menteri Agama (dhi) Dirjen PHU Kementerian Agama RI utk menjadikan tahun 2020 sebagai tahun peningkatan kualitas penyelenggaraan   manasik haji, maka semua Kemenag maupun KUA Kecamatan untuk melakukan inovasi penyelenggaraan bimbingan manasik haji yg semakin efektif dan meningkat, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, tanpa harus menunggu ketersediaan anggaran dari negara, dengan memberdayakan Kepala KUA, alumni petugas haji, pembimbing manasik yg sudah bersertifikat dan para kiai/ustadz serta IPHI dan KBIH yg ada di daerah masing-masing.

“Upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan manasik haji tersebut dalam rangka menghantarkan para calon jamaah haji Jawa Tengah yang mandiri dalam pemahaman manasik haji sebagaimana menjadi tujuan penyelenggaraan haji. Untuk memberikan inovasi penyelenggaraan bimbingan manasik haji yg semakin efektif dan meningkat dengan dengan memberdayakan Kepala KUA, alumni petugas haji, pembimbing manasik yg sudah bersertifikat,” imbuhnya.

Begitu pula ditanya terkait besaran ongkos ibadah haji yang harus dilunasi para jemaah, Rouf menyebut, ketentuan besaran BPIH maupun jadwal pelunasan diatur dalam keppres.

“Tentang biaya haji ada kenaikan atau tidak, kita masih menunggu keppresnya,” ungkapnya.

Dijelaskan, BPIH merupakan ongkos seluruh kegiatan ibadah haji dimulai dari CJH masuk asrama Haji Donohudan sampai ongkos pesawat terbang Saudi Arabia Airlines pulang-pergi (PP). Hingga kebutuhan di tanah suci Makkah dan Madinah mulai dari sewa hotel, konsumsi selama 41 hari dan lain sebagainya.(bd/gt)

 


Dibaca sebanyak 140 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial