Berita

Halaman Berita

Tarsan Mufourga Sapa Masyarakat di Bulan Ramadan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 16 Mei 2019

* Dua orang siswa MTs Muhammadiyah 4 Purbalingga (Mufourga) yang juga santri Pondok Pesantren Modern Tahfizhul Quran (PPMTQ) saat menyampaikan materi kultum di salah satu masjid.

Purbalingga –  Musalla Al Huda Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang dan Masjid Al Kautsar Desa Tlagayasa Kecamatan Bobotsari menjadi sasaran kegiatan Tarling Santri (Tarsan) Pondok Pesantren Modern Tahfizhul Quran (PPMTQ) Daarussalaam Slinga Purbalingga yang juga satu naungan dengan MTs Muhammadiyah 4 Purbalingga (Mufourga Boarding School). Hal tersebut disampaikan Mufourga Boarding School Principal, Aris Pujianto dalam komunikasinya, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya, ada tiga agenda yang akan digelar pada Ramadan 1440 H sesuai program PPMTQ Daarussalaam Slinga Purbalingga (Mufourga boarding). Yaitu Tarling Santri, Santri Hijrah dan Daurah Tahfizh in Ramadan bagi siswa SD/MI.

“Pelaksanaan kegiatan tarowih keliling bagi santri (TARSAN) pada tahun ini baru dapat menjangkau 1 mushola dan 1 masjid. Yaitu mushola Al Huda Penaruban Kaligondang selama 4 hari berturut-turut mulai 11-14 Mei 2019 dan Masjid Al Kautsar Tlagayasa Bobotsari yang rencananya akan dilaksanakan pada 22 Mei 2019 yang akan datang,” jelasnya.

Aris menegaskan, sebetulnya kegiatan pembiasaan kultum telah ada pada ekstrakurikuler muhadloroh. Sebelum Ramadan mereka sudah terbiasa dan menyampaikan kultum. Para santri berlatih menyampaikan kultum setiap selesai salat isya dan subuh di masjid kompleks PPMTQ. Selain itu juga di sebuah masjid dan dua mushola di luar kompleks Madrasah/Pondok.

“Untuk yang di luar Madrasah/Pondok Pesantren, mereka dijadwal setiap Jumat siang, Sabtu sore setelah asar dan Sabtu malam setelah maghrib,” ungkapnya.

Aris menambahkan, siswa/santri yang mendapatkan tugas kultum di mushola Al Huda Penaruban adalah Khuswatun Khasanah (Kelas VII) dengan materi  Amalan-amalan di bulan Ramadan, Zulfa Nur Insyani (Kelas  VIII) dengan materi Ibadah Sederhana di Bulan Ramadan. Sedangkan Hanan Faras Fakhrudin (Kelas  VIII) membawakan materi Bahaya Dendam dalam Islam, serta Wahyu Irawan (Kelas IX) membawakan materi Puasa Ramadan.

“Untuk program TARSAN di masjid Al Kautsar Tlagayasa direncanakan yang menjadi imam adalah Raikhan Galang Saputra dan yang menyampaikan kultum tarawih adalah Satria Pangayom,” pungkasnya.

Mufourga Menyapa

Wakil Direktur PPMTQ Daarussalaam Slinga Purbalingga, Machmud Yulianto menyatakan, kegiatan tersebut merupakan ajang belajar siswa/santri, uji nyali dan perwujudan program Mufourga Menyapa yang sudah menjadi program rutin tahunan.

“Tidak hanya santri PPMTQ Daarussalaam Slinga saja yang mendapat tugas mensukseskan program Mufourga Menyapa. Ada sekitar 35 siswa reguler yang juga mendapat surat tugas untuk menyampaikan kultum di masjid atau mushola terdekat dari tempat tinggal, " jelasnya. (sar/bd)


Dibaca sebanyak 81 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upacara HUT RI ke-74, Kakankemenag Pati Paparkan Kriteria SDM Unggul Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Agustus 2019


Fajar Energi Baru Kemenag Jateng Subbag Inmas 08 - 16 Agustus 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial