Berita

Halaman Berita

Terapkan Protokol Kesehatan Ekstra Ketat, PPDB MTsN 2 Purbalingga Lampaui Target

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 04 Juni 2020

* MTsN 2 Purbalingga menerapkan scara ketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TP 2020/2021.

Purbalingga – Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Purbalingga akan selalu tegak lurus dan mengikuti keputusan pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan. Terlebih lagi pada situasi darurat karena pandemi wabah Corona (Covid-19). Hal tersebut disampaikan Kepala MTsN 2 Purbalingga, Siti Mudrikah dalam komunikasinya melalui aplikasi WhatsApp, Kamis (4/6/2020).

Ia menjelaskan, kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di madrasahnya menggunakan sistem dalam jaringan (Online).

 “Orang tua dan calon peserta didik melakukan pendaftaran dengan cara scan barcode atau membuka link yang dicantumkan dalam brosur atau pengumuman yang disebarluaskan melalui aplikasi whatsapp," jelasnya.

Ia menambahkan, pada proses PPDB yang berlangsung sejak 15 April sampai dengan 15 Mei 2020 tersebut pihaknya menerbitkan jurnal online setiap hari Sabtu untuk memantau jumlah pendaftar.

"Berdasarkan rapat Panitia PPDB pada 15 Mei 2020 MTs N 2 Purbalingga memutuskan untuk menerima 317 dari total pendaftar 358 orang. Sesuai dengan jadwal pengumuman calon peserta didik yang diterima dilaksanakan tanggal 16 Mei 2020 Sedangkan pendaftaran ulang dilakukan pada tanggal 18 - 20 Mei 2020  ,” ungkapnya.

Menurutnya, para pendaftar merupakan siswa-siswi SD/MI di Kecamatan Bobotsari, Mrebet, dan sekitarnya.

Waka Kesiswaan, Said Mawardi menjelaskan, meski prosesi pendaftaran calon peserta didik baru dilakukan secara online, pada proses pendaftaran ulang calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima diharuskan hadir untuk menerima bahan pakaian seragam beserta atributnya serta melengkapi administrasi yang dibutuhkan.

"Begitu memasuki area madrasah kami menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebarluasan Covid-19 secara ekstra ketat,' jelasnya.

Menurutnya para calon peserta didik baru yang datang dari berbagai daerah tersebut harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

"Pertama, petugas keamanan mengukur suhu tubuh anak dengan thermogun. Selanjutnya saat antri pengambilan bahan seragam madrasah mereka harus jaga jarak minimal 1 meter. Mereka juga diminta mencuci tangan sebelum memasuki dan saat keluar dari madrasah," jelasnya.

Said menambahkan, selain para siswa yang datang, seluruh guru yang menjadi petugas pun memakai masker.

"Bahkan kantung tangan juga dikenakan. Ditambah lagi dengan dipasangnya tirai berbahan plastik di pintu ruang pelayanan sebagai pembatas antara guru yang bertugas dengan para siswa," jelasnya.

Ia bersyukur animo masyarakat untuk menitipkan pendidikan putra-putri mereka ke MTsN 2 Purbalingga dari tahun ke tahun semakin meningkat.

"Terbukti meski sudah melakukan penambahan ruang kelas untuk proses KBM, kami panitia terpaksa harus menolak sebagian calon siswa karena kapasitas ruang yang tidak memungkinkan," pungkasnya. (sar/bd)


Dibaca sebanyak 218 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembinaan Administrasi dan Data Perwakafan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 September 2020

Pembinaan Kepala KUA di Lingkungan Kemenag Kab. Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 September 2020

Bina Pegawai KUA Kragan, Ini Sejumlah Pesan Kakankemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 18 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial