Berita

Halaman Berita

Terasa Pahit Peniadaan Program PPG Untuk Guru Madrasah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 Mei 2020

* Pengawas Kemenag Kota Semarang, Amhal Kaefahmi, memeriksa dokumen administrasi guru dan kepala madrasah

Semarang – Wabah Covid- 19 membuat hidup makin tak pasti. Dari soal pribadi, seperti kekhawatiran penularan atau kematian, hingga soal hidup bersama, seperti kerja, relasi sosial, ekonomi, hingga urusan pendidikan. Maraknya pandemi Covid- 19 menggiring kita memasuki terra incognita yang penuh ketidakpastian.

Dampak pandemi Covid- 19 dirasakan pahit oleh guru madrasah peserta program pendidikan profesi guru (PPG). Impian mereka setelah lulus dari PPG mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG), kini ambyar. Pemerintah meniadakan program PPG guru madrasah Tahun 2020. Dana yang dialokasikan, kini dialihkan  untuk refocusing penanganan Covid- 19.

Di masa darurat pandemi Covid- 19, guru harus tetap melaksanakan tugas pembelajaran dengan berbagai model. Mereka dituntut tetap memberikan pelayanan pembelajaran kepada anak didiknya, meski secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Di tengah krisis ini, muncul kebijakan pemerintah yang menggerus hati dan perasaan guru.

Disrupsi akibat pandemi Covid- 19 menyasar guru madrasah yang akan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG). Alih-alih mendapat kepastian pelaksanaan program PPG yang sudah lama dinantikan, tetapi dalam situasi krisis ini. justru impian mendapat TPG setelah lulus program PPG, kini menjadi kandas. Sementara mereka tetap dituntut memberikan pelayanan pembelajaran yang sama kepada peserta didik.

Surat Dirjen Pendidikan Islam  Nomor: B-878.1/Dt.I.II/PP.00/05/2020 perihal Peniadaan Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah Tahun 2020 menyebutkan, kebijakan itu ditempuh sehubungan dengan situasi dan kondisi penyebaran  Corona Virus Disease (Covid- 19) yang sampai saat ini belum berakhir dan telah dilakukannya refocusing anggaran program pendidikan profesi guru dalam jabatan bagi guru madrasah pada DIPA Direktorat Jendral Pendis untuk penanganan Covid- 19.

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam tidak melaksanakan program pendidikan profesi guru dalam jabatan bagi guru madrasah Tahun 2020. ketentuan pelaksanaan program pendidikan profesi guru dalam jabatan bagi guru madrasah akan diatur kemudian menyesuaikan dengan kebjakan terbaru yang akan ditetapkan oleh kementerian terkait.

Kebijakan peniadaan program pendidikan profesi guru dalam jabatan bagi guru madrasah Tahun 2020 ditanggapi beragam oleh guru madrasah Kota Semarang. Muhammad Sholeh, guru MI Tarbiyatus Syibyan berharap di Tahun 2021 kuota PPG ditingkatkan dua kali lipat sebagai pengganti Tahun 2020.

“Agar guru MI seluruh Indonesia bisa ttersenyum bahagia, jika kuotanya ditambah untuk Tahun 2021,’ ucap Sholeh, saat WFH di Semarang, Sabtu (16/5/2020)

Sedangkan kepala RA Al Khoiriyyah 01 Kecamatan Semarang Selatan, Mardiyah mengatakan, meski terasa pahit terkait kebijakan tentang peniadaan program PPG, namun, ia masih berharap ada kebijakan pengganti program tersebut. Sampai sekarang, Mardiyah belum mengikuti program PPG sebagai pra syarat untuk mendapatkan tunjangan TPG. (Amhal Kaefahmi/bd)


Dibaca sebanyak 75 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial