Berita

Halaman Berita

Tidak Mengisi Sispena, Madrasah Akreditasi Siap Sanksi

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 07 Juni 2018

* Nara sumber dari BAN S/M Provinsi Jawa Tengah saat menyampaikan materinya.

Pati - Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN S/M) memberikan ancaman serius kepada sekolah dan madrasah sasaran akreditasi 2018 yang tidak mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) di Sispena. Sekolah dan Madrasah yang belum terakreditasi dan berstatus Tidak Terakreditasi akan dikenai sanksi tegas. Demikian ditegaskan Deny, nara sumber dari BAN S/M Provinsi Jawa Tengah saat menyampaikan materinya pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sispena-Dia dan sinkronisasi Emis MA/MTs sasaran Akreditasi Madrasah 2018, di aula kantor Kemenag Kabupaten Pati, Rabu (6/6/2018).

Sedangkan bagi sekolah dan madrasah yang telah habis masa akreditasinya tetapi tidak mengisi DIA, tidak akan diperpanjang masa berlaku sertifikat akreditasinya. Sehingga status sekolah dan madrasah tersebut akan menjadi Tidak Terakreditasi. Selain itu, edaran terdahulu tentang perpanjangan akreditasi dinyatakan tidak berlaku, paparnya.

Di lain pihak, bagi madrasah dan sekolah yang menjadi sasaran akreditasi tahun 2018 dan telah mengisi DIA namun tidak dapat dilakukan visitasi karena keterbatan kuota, maka akan diterbitkan surat perpanjangan masa akreditasi secara otomatis melalui sispena, terangnya lebih lanjut.

Itulah beberapa hal penting dari Surat Edaran Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN S/M) dengan nomor 216/BAN-SM/TU/2018. Surat tertanggal 20 April 2018 berisikan perihal Surat Edaran tentang Pengisian DIA, ujarnya.

Ditambahkannya, DIA atau Data isian Akreditasi adalah aplikasi online dalam Sispena yang berisikan isian instrumen akreditasi. Setiap madrasah dan sekolah sasaran akreditasi wajib untuk melakukan pengisian DIA dan dokumen-dokumen penunjang lainnya di Sispena, urainya.

Menurut Deny, Hasil isian DIA ini juga akan menjadi dasar acuan dan audit kelayakan bagi BAN S/M untuk menentukan sekolah dan madrasah layak dilakukan visitasi atau tidak.
Sispena dan DIA dapat diakses melalui alamat http://bansm.kemdikbud.go.id/sispena, pungkasnya. (Am/bd)


Dibaca sebanyak 38 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Hindari gratifikasi, Open House diadakan di kantor Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 22 Juni 2018

Mustain : Pilkada Santai Saja, Namun Tetap waspada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar - 22 Juni 2018

Ahmad Nasirin : Nilai Kedisiplinan Puasa Harus Diaplikasikan Dalam Bekerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 22 Juni 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial