Berita

Halaman Berita

Tingkatkan Kompetensi Guru, Gara Katolik Selenggarakan Workshop

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali - 12 Juli 2019

* Ka Kankemenag memberikan sambutan pada acara Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik

Boyolali (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali melalui Penyelenggara Katolik menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Loji Surakarta tersebut dilaksanakan pada hari rabu sampai Jumat, (10-12/07). Dihadiri oleh Kepala Kantor Kemeneterian Agama Kabupaten Boyolali, Pelaksana Tugas Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Jateng, Penyelenggara Katolik Kankemenag Kab. Boyolali dan diikuti oleh 40 orang guru agama katolik yang ada di Boyolali.

Dalam sambutannya kepala kantor kementerian agama Kabupaten Boyolali, Fahrudin, menyampaikan bahwasannya peningkatan kompetensi bagi guru adalah hal yang wajib dilaksanakan. Seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan tehnologi dan ilmu pengetahuan juga semakin pesat.

“ Kalau guru tidak meningkatkan kompetensinya dalam mengajar, niscaya dia akan kesulitan dalam menghadapi murid yang lebih melek tekhnologi,” kata Fahrudin

Kondisi perkembangan jaman yang semakin global juga mengakibatkan terbukanya keran pergaulan semakin luas, lanjut fahrudin. Penggunaan media  sosial pada usia sekolah sudah tidak dapat dihindari. Akhlak generasi muda sedikit banyak sudah terpengaruh oleh budaya dari luar yang belum tentu cocok dengan budaya lokal. Peran guru agama sebagai pendidik pendidikan agama yang didalamnya memuat pendidikan moral sangat diperlukan  untuk membendung budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa.

“Tanamkan kearifan lokal kepada murid untuk membentengi dari budaya budaya yang tidak sesuai dengan bduaya kita,” ujarnya.

Selanjutnya Fahrudin berpesan agar para guru senantiasa mengajar murid dengan kasih sayang. Karena kasih sayang merupakan salah satu kunci keberhasilan pengajaran akhlak kepada murid. Dengan kasih sayang diharapkan para murid dapat mengerti dan hidup bermasyarakat dengan baik.

“Ajarkan kasih sayang, karena seluruh agama yang ada mengajarkan kasih sayang kepada sesama manusia,” pungkasnya.

Kegiatan yang mengambil tema Menjadi Guru yang Profesional, Bermoral dan Handal tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi guru agama katolik sebagai bekal dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah masing masing. Diharapkan dengan bertambahnya kompetensi, guru dapat memberikan pengajaran dengan metode yantg lebih baik dan efisien kepada murid. (jaim/rf)


Dibaca sebanyak 12 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial