Berita

Halaman Berita

Tingkatkan Kompetensi Guru PAK, Kemenag Pati Lakukan Pembinaan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 11 Juli 2019

* Kepala Kemenag Pati Lakukan Pembinaan terhadap guru PAK se Kab. Pati.

PATI - Demi meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru Pendidikan Agama Kristen (PAK), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati melalui Penyelenggara Agama Kristen melakukan Pembinaan Profesionalitas Guru Agama Kristen dalam kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Se-Kab. Pati, digelar selama 2 (dua) hari, Senin sd Selasa (8-9/7) bertempat di Hotel Pati Jl. Panglima Sudirman Pati.


Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh 30 orang guru agama Kristen, bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam rangka memberi ruang dan mendukung pelaksanaan tugas dan peran guru yang di harapkan untuk lebih professional, terang Penyelenggara Agama Kristen Kankemenag Kabupaten Pati Y. Pranoto dalam laporan ketua penyelenggara.


“Peningkatan Kualitas pendidikan tidak terlepas dari bagaimana para pendidik (guru) mengajar secara pofesional sehingga peserta didik pun senang mengikuti proses pembelajaran” jelas Pranoto dihadapan tiga puluh orang guru Pendidikan Agama Kristen baik PNS dan non PNS yang mengajar ditingkat sekolah dasar hingga menengah atas se-Kabupaten Pati.


Dalam sambutan pengarahan sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati Imron Rosyidi mengatakan, kualitas guru agama Kristen di Kabupaten Pati haruslah meningkat, mempunyai wawasan dan pengetahuan. “Sehubungan dengan peningkatan kualitas guru tersebut memanglah sangat diperlukan dari beberapa hal yang merupakan tuntutan dalam menjalankan tugasnya sebagai guru agama Kristen dalam proses belajar mengajar disekolah,” ujarnya mengawali sambutannya.


Menurutnya, Lima budaya kerja haruslah dipahami oleh setiap pegawai di lingkungan Kemenag agar bisa melaksanakan tugas yang lebih baik. "Ini penting agar bisa difahami oleh guru-guru sehingga bekerja lebih baik lagi," ucapnya.


Imron berharap setelah diberikannya pembinaan kepada guru-guru dapat lebih bersemangat mengajar, lebih disiplin dan lebih bisa lagi meningkatkan kemampuannya dalam proses belajar mengajar.


Diakui Imron, kualitas guru agama Kristen di Kabupaten Pati sudah cukup baik karena setiap tahun pihaknya memberikan pembinaan kepada guru-guru tersebut supaya kualitasnya lebih meningkat. Maka kata dia, “penting bagi seorang guru untuk belajar bertanggungjawab dengan pekerjaan, dan belajar manajemen waktu yang baik, sehingga tidak ada alasan bagi seorang guru untuk tidak maksimal mendidik anak-anak,” tegasnya.

"Garda terdepan, pembentukan akhlak dan mental berada di tangan para guru terlebih khusus guru agama, mengajar dengan kasih, bukan hanya mengejar jam pelajaran saja agar sertifikasi bisa dibayarkan," ungkapnya.
Melihat pentingnya kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat membawa perubahan pada perilaku guru PAK ke arah yang lebih baik. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 50 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial