Berita

Halaman Berita

TPQ Diminta Untuk Mengurus Perpanjangan Izin Operasional

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 29 Juni 2020

* Pengelola LPQ ketika berkonsultasi ke Kemenag Rembang. Bagi yang habis masa izin operasionalnya diminta untuk diperpanjang.

Rembang – Sejumlah koordinator Emis lembaga pendidikan keagamaan diminta untuk ikut menyosialisasikan pemutakhiran data Lembaga Pendidikan Al-qur’an kepada para pengelola LPQ.

Stad Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kabupaten Rembang, Asrof Masruf Dafaq meminta hal itu pada  kegiatan Rapat Koordinasi evaluasi bantuan insentif dan pendataan pengajar keagamaan Islam Kankemenag Kabupaten Rembang pada Kamis (25/6/2020) di aula setempat.

Asrof menyebutkan, jumlah LPQ yang terdaftar di Emis PD Pontren Kemenag Rembang saat ini berjumlah 832 lembaga. Jumlah ini paling banyak dibandingkan ponpes 106 lembaga dan madin sebanyak 463 lembaga.

Disebutkan Asrof, sebagian lembaga TPQ ada yang perlu memperbaharui izin operasional. Sebagaimana ketentuannya, izin operasional hanya berlaku 5 tahun sekali. “Bagi lembaga yang masa izin operasionalnya sudah habis, kami minta untuk segera memperbaharuinya,” tandas Asrof.

Sementara bagi LPQ yang baru berdiri, diminta untuk segera mengurus izin operasional. Adapun syarat-syarat yaitu, pertama mengajukan surat permohonan izin operasional LPQ yang tertera nama lembaganya. Kedua, menyertakan lampiran akte notaris. Ketiga, ada gedung LPQ. Keempat, punya struktur organisasi. Kelima, ada ustadz dan mempunyai santri 15 orang/ustadz.

“Pengajuan surat beserta syarat-syaratnya itu nantinya mendapatkan rekomendasi dari Kemenag Rembang setelah Kemenag Rembang mengadakan survei langsung ke lokasi. Survei untuk memastikan apakah kondisi di lapangan sudah memenuhi syarat-syarat, “ lanjut ASrof.

Setelah itu diajukan ke Kemenag RI untuk mendapatkan Nomor Statistik LPQ. Lalu diterbitkanlah izin operasional LPQ oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang. “Selama LPQ ini beroperasi, tugas Kemenag adalah memberikan pembinaan dan pengawasan,” pungkasnya. -- (iq/qq)


Dibaca sebanyak 397 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru




Penutupan Pelatihan Publikasi Ilmiah di MTs Negeri 2 Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial