Berita

Halaman Berita

Tumbuhkan Budaya Literasi, Milad 39TH MTs Negeri 1 Jepara Adakan Seminar Nasional

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara - 09 Oktober 2019

* Seminar Nasional Tumbuhkan Budaya Literasi pada Milad 39TH MTs Negeri 1 Jepara (09/10)

Jepara - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid menghadiri Seminar Nasional "Strategi Pengembangan Literasi Siswa untuk Menghadapi Revolusi 4.0 di Era Post Truth", pada seminar tersebut Kepala Kantor membuka sekaligus memberikan arahan. Mengulas beberapa hal terkait dunia pendidikan. Ia mengungkapkan pentingnya menetapkan tujuan pendidikan yang seimbang antara nilai ubudhiyah dan nilai sains teknologi di Era Post Truth Revolusi 4.0. Sebab menurutnya selain diberi tugas beribadah, manusia juga diciptakan dan didesain untuk menjadi khalifah. Seorang khalifah dipercaya untuk mengelola dunia ini, dan tanpa pengetahuan dan teknologi, mustahil manusia dapat mengelola dunia ini dengan baik.

Sebanyak 340 peserta mengikuti kegiatan Seminar Nasional "Strategi Pengembangan Literasi Siswa untuk Menghadapi Revolusi 4.0 di Era Post Truth" di di Aula Utama MTs N 1 Jepara, Rabu (9/10). Peserta yang berasal dari berbagai kepala madrasah/sekolah, pegiat literasi, guru, tenaga kependidikan dan masyarakat umum di kabupaten Jepara ini merupakan unsur pemerhati pendidikan, sedangkan narasumber yang dihadirkan merupakan tokoh yang sangat kompeten yaitu Drs. H. Abdur Rozaq Alkam, M.Ag., Dr. H. Kisbiyanto, M Pd., Drs. H.A. Syaifulloh, M.Ag., Andang Wahyu T, S E, M.M., dan Dr. Zastrouw Al-Ngatawi selaku Dosen PPs UNUSIA Jakarta.

Ia melanjutkan arahannya dengan ulasan tentang moderasi beragama, dimana isu tersebut merupakan isu yang krusial guna menangkal paham-paham radikal dan liberal yang dapat menjerumuskan generasi muda pada cara berpikir yang tidak sesuai dengan tuntunan syariat Islam dan kearifan lokal bangsa Indonesia dengan aktif di dunia literasi yang kuat.

Selain itu karya literasi sebagai bagian dari agen perubahan sosial juga menjadi fokus bahasan Rosyid. “Literasi tidak dapat dipisahkan dari proses pengembangan kultur masyarakat Indonesia, sebab secara empiris pengejawantahan moderasi keberagamaan dapat menghalau paham-paham ekstrim baik radikal maupun liberal, informasi bohong, opini tanpa dasar serta berita hoax. Dan telah terbukti mampu membangun cara berpikir kritis dan penuh analisa yang sesuai dengan paham ahlusunnah wal jamaah yang dianut bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Tujuan diadakannya kegiatan Seminar Pengembangan Literasi ini adalah untuk menumbuhkan budaya literasi di kalangan pemerhati pendidikan untuk kemajuan siswa berfikir kritis dan problem solving sebagai generasi bangsa yang unggul dan berkualitas. Jadi ke depannya masyarakat bukan hanya terbiasa dan gemar membaca berbagai karya orang lain, namun juga terlatih dan gemar menuangkan ide, gagasan dan pemahamannya dalam bentuk tulisan yang memiliki ekspertice untuk bidang tertentu.

“Rencananya kegiatan ini akan kami tindak lanjuti dengan kagiatan-kegiatan lanjutan dalam bentuk pelatihan menulis atau sejenisnya, untuk memaksimalkan manfaat program-program Kementerian Agama Kabupaten Jepara di bidang pendidikan,” tutupnya. (sn/gt)


Dibaca sebanyak 35 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial