Berita

Halaman Berita

Ujian SD/MI Diselenggarakan Secara Mandiri Oleh Satuan Pendidikan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 13 Februari 2020

* Kadinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, didampingi Kasi PAIS, Abdul Ghofur, memberikan pengarahan sekaligus membuka Rakor ujian SD/MI di aula SDN Peterongan, Senin (10/2).

Semarang – Adanya kebijakan tentang penghapusan Ujian Nasional (UN) maupun Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Nasional (US/MBN) untuk SD dan MI mulai tahun 2020 ini membuat banyak penyelenggara sekolah/madrasah tingkat dasar kebingungan. Pasalnya, USBN bagi SD maupun UMBN bagi MI yang semula dikoordinir oleh dinas, sekarang diserahkan kepada satuan pendidikan masing-masing.

Berkaitan dengan hal itu, dinas Pendidikan dan Kemenag Kota Semarang menggelar Rakor tetang Ujian Sekolah/Maddrasah Tahun 2020 bertempat di aula SDN Peterongan, Senin (10/2). Rakor dibuka Kadinas Pendidikan, Gunawan Saptogiri. Narasumber Rakor adalah, Kasi PAIS Kemenag Kota Semarang, Abdul Ghofur, Kasi Kurikulum dan Penilaian, Agus Sutrisno, dan Pengawas Kemenag, Sriyati.

Rakor diikuti oleh seluruh Ketua Kelompok Kepala Sekolah (K3S) SD, kepala sekolah MI, Koordinator Satuan Pendidikan (Korsatpen), dan pengawas SD/MI se- Kota Semarang. Para peserta Rakor mempunyai kewajiban untuk mendiseminasikan hasil Rakor kepada seluruh satuan pendidikan yang jadi kewenangannya, baik di SD dan MI.

Dalam sambutannya Kadinas Pendidikan, Gunawan Saptogiri, menegaskan bahwa mulai tahun ini peran dinas pendidikan menyangkut ujian SD/MI tidak lagi mengkoordinir atau menfasilitasi penyelenggaraan ujian yang seragam. Peran dinas pendidikan bergeser ke arah pengembangan kapasitas guru dan kepala sekolah guna meningkatkan mutu pembelajaran.

“Dinas pendidikan tidak mengkoordinir ujian SD/MI. Penyelenggaraan ujian menyangkut kisi-kisi soal dan naskah soal, diserahkan pada satuan pendidikan masing-masing,” tutur Gunawan.

Sementara itu Kasi PAIS, Abdul Ghofur, dalam paparannya mengatakan, untuk ujian Pendidikan Agama Islam, pihaknya mengacu pada SK Dirjen Pendis tentang kisi-kisi ujian PAI SD agar sekolah dan guru yang terkait tidak membuat soal semaunya.Dalam kesempatan itu, ia juga mengenalkan pengawas PAI SD yang nantinya menferifikasi dan mengesahkan naskah soal yang digunakan untuk ujian PAI SD.

Sedangkan Kasi Kurikulum dan Penilaian, Agus Sutrisno, menjelaskan, tahun ini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tidak mengeluarkan POS ujian karena diserahkan pada satuan pendidikan. Kendati demikian, dinas pendidikan mempunyai kewenangan untuk mendampingi dengan rambu-rambu sebagai rujukan satuan pendidikan.

“Meski satuan pendidikan merdeka dan mandiri dalam mengelola manajemen ujian, tetapi dinas mempunyai kendali, misalnya tentang jawal pelaksanaan ujian,” ucapnya.

Ditambahkannya, agenda Rakor Dinas Pendidikan dan Kemenag ini membahas time line kegiatan ujian sekolah, Juknis ujian sekolah, pengendalian, pengawasan, dan korektor ujian. Pelaksanaan ujian tulis adalah tanggal 15 – 21 April menggunakan soal yang dibuat oleh sekolah/madrasah dengan pengawas ujian secara silang dalam kecamatan.

“Koreksi ujian tulis paling akhir tanggal 30 April 2020. Teknis korektor dikendalikan atau diatur oleh Korsatpen,” pungkas Agus Sutrisno.(Amhal/bd)


Dibaca sebanyak 143 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Penyerahan SK Mutasi ASN di lingkungan Kemenag Kab. Brebes Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Terima Penghargaan Satker Dengan Setoran Pajak Terbesar Tahun 2019 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial