Berita

Halaman Berita

Ulangan Asyik Dengan Zipgrade

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 12 Juli 2019

* Rusdi Mustapa, guru MAN 1 Surakarta, menjadi narasumber pada kegiatan di SMPIT Nur Hidayah. (11/7)

Surakarta - Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri generasi ke empat (Revolusi Industri 4.0) yang ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi serta perkembangan sistem digital, artifisial, dan virtual. Dengan semakin konvergennya batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya, teknologi informasi dan komunikasi tentu berimbas pula pada berbagai sektor kehidupan. Salah satunya yakni berdampak terhadap sistem pendidikan di Indonesia.

Perubahan era ini tidak dapat dihindari oleh siapapun se­hingga dibutuhkan penyiapan sum­ber ­daya manusia (SDM) yang memadai agar siap menyesuaikan dan mampu bersaing dalam skala global. Peningkatan kualitas SDM melalui jalur pendidikan formal mulai dari  pendidikan dasar dan menengah hing­ga ke perguruan tinggi adalah kunci un­tuk mampu mengikuti perkembangan Revolusi Industri 4.0 ini. Tak terkecuali dalam menempuh pendidikan, penyesuaian juga bisa dilakukan dengan cara reorientasi kurikulum untuk membangun kompetensi era Revolusi Industri 4.0 dan menyiapkan pembelajaran berbasis daring (online).

Terkait dengan hal tersebut, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nur Hidayah Surakarta, mengadakan kegiatan workshop bagi guru dan karyawan, di aula sekolah setempat, Kamis (11/7).

Menurut kepala SMPIT Nur Hidayah, Zuhdi Yusroni, workshop ini adalah kegiatan tahunan di awal tahun pelajaran sebagai sarana untuk mempersiapkan guru menghadapi tahun pelajaran baru.

"Kegiatan dilaksanakan selama sepekan,  Senin-Sabtu (8-13/7) dengan tema yang berbeda-beda," kata Zuhdi di sela-sela acara.

Tampil sebagai pembicara adalah Rusdi Mustapa, guru sejarah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta, yang menyampaikan materi "Pemanfaatan Aplikasi Zipgrade Dalam Pembelajaran". Dalam pemaparannya Rusdi menyampaikan, di era revolusi industri 4.0 saat ini segenap insan pendidik harus sudah mulai memasukkan teknologi dalam pembelajaran.

"Salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru di era 4.0 adalah mampu mengadakan ulangan berbasis digital," kata Rusdi yang pernah menjuarai guru berprestasi tingkat provinsi tahun 2017 dan 2018 silam. 

Zipgrade, lanjut Rusdi, adalah aplikasi yang berguna untuk menscan lembar jawaban soal (scanner). Jika selama ini scanner menggunakan komputer, maka Zipgrade menggunakan Android. Aplikasi ini telah ada di playstore sehingga bisa di download dan di install.

Fungsi yang bisa dilakukan zipgrade antara lain membuat kelas, memasukkan siswa, membuat soal dan kunci, analisis soal serta mencetak hasil analisis soal.

"Semua fasilitas ini bisa diakses lewat android sehingga sangat memudahkan guru dalam melaksanakan ulangan. Karena nilai sudah langsung bisa diketahui siswa dan bagi guru sangat memudahkan dalam menyusun analisis soal," kata Rusdi.

Menurut salah satu peserta, Heri Edi Kurniawan, workshop ini sangat berguna bagi guru SMPIT Nur Hidayah, terutama pemanfaatan Zipgrade dalam pembelajaran.

"Salah satu kesulitan guru adalah mengoreksi hasil ulangan siswa apalagi jika mengajar kelas yang banyak. Dengan aplikasi Zipgrade, kesulitan itu bisa diminimalisir karena lebih efektif dan efisien," kata guru IPA ini.

Dalam kegiatan ini peserta dibimbing cara membuat kelas, memasukkan siswa, membuat soal dan kunci hingga mencetak hasil analisis soal. Hasil yang diharapkan guru bisa menggunakan  aplikasi Zipgrade dalam pelaksanaan ulangan pada siswa. (rusdi-rma/bd)


Dibaca sebanyak 90 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial