Berita

Halaman Berita

Untuk Berkemajuan FKUB lakukan Study Komparatif

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas - 07 November 2019

* Peserta Rombongan FKUB Kab Banyumas

Purwokerto-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas melaksanakan studi Komparatif  ke FKUB Kota Samarinda terkait rekomendasi pembangunan tempat-tempat ibadah, Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari (Senin-Jum’at,4-8 Nov 2019). Dalam rangka menjaga kerukunan dan mengembangkan toleransi di tengah-tengah masyarakat beragama dan  untuk mempercepat tumbuhnya peradaban Indonesia yang adaptif terhadap kemajuan dan bersaingan global berbasis nilai-nilai agama menjadi tujuan kegiatan ini. Rombongan yang berjumlah 23 orang dipimpin oleh Wakil Bupati diikuti oleh Kapala Kankemenag, Wakil Kesbangpol dan para tokoh lintas agama.

Dalam sambutannya Dr.Ali Fikri mengatakan para penduduk Kota Samarinda hidup rukun dan hampir tak pernah ada gesekan antar kelompok. Dan terimaksih Kota Samarinda menjadi salahsatu tempat pilihan untuk study komparatif. FKUB memiliki peran penting di Kota Samarinda dalam menjaga kondusifitas daerah, sehingga dapat mewujudkan Kota Samarinda yang nyaman dan berkelanjutan dalam Bingkai Madinatul Iman.

"Saya berterima kasih karena FKUB Kota Samarinda itu aktif dan terus melakukan kegiatan terkait kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama di Samarinda," ujar Ali

Sementara Ketua FKUB K.H. Moh. Zaeni, menurutnya hal itu dikarenakan kerja keras FKUB Kota Samarinda untuk menjaga toleransi dan menjaga kerukunan umat beragama. Perayaan tempat ibadah merupakan hal yang sangat sensitif. Dan sedini mungkin persoalan segera diselesaikan karena panggilan hati.

"Kunjungan FKUB Banyumas di Kota Samarinda ini diharapkan dapat menjadi sarana tukar informasi dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama," kata Zaeni.

Pimpinan rombongan Drs.H. Sadewo Tri Lestiono (Wakil Bupati Banyumas) mengucapkan terimakasih kepada FKUB Kota Samarinda yang telah menerima dengan baik kunjungan FKUB Banyumas. Kami datang untuk saling berbagi ilmu dan strataegi bagaimana cara menjaga kerukunan umat beragama di tengah kemajemukan dan perbedaan yang ada.

"Kerukunan umat beragama dapat menjadi sarana terwujudnya berbagai program pembangunan bagi kesejahteraan umat," terangnya.

Acara di lanjutkan kunjungan ke tempat ibadah masing masing agama.(md/rf)


Dibaca sebanyak 54 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kali ke-3 Kafilah Kab. Pati Pertahankan Juara Umum MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 20 November 2019

KKM 1 MI Kota Semarang Raih Juara I Tenis Meja HAB Kemenag Tingkat Kota Semarang Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 November 2019

KKRA Dituntut Bisa Membawa RA Lebih Baik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 November 2019

Informasi Penting


Penetapan Peserta Terbaik MTQ Pelajar XXXIV 2019 Administrator - 20 November 2019

Rekrutmen Penyuluh Agama Buddha Non PNS 2020 Administrator - 20 November 2019

Materi Rakor PBJ Hotel Grasia Semarang Administrator - 18 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial