Berita

Halaman Berita

Untuk Terbitkan Ijin Operasional, Kanwil Kemenag Jateng Turunkan Tim Verifikasi

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 17 Juni 2019

* Tim Verifikasi Ijin pendirian Madrasah Kanwil Kemenag Jateng, H. Juair dan Kasi Penmad, Fauzi, berpose bersama setelah mengadakan verifikasi di Wonogiri.

Wonogiri - Menindaklanjuti proposal permohonan ijin pendirian Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Hikamah Kedawung - pondok - Ngadirojo - Wonogiri, Tim Verifikasi Ijin Pendirian Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kamis (13/06) mengadakan Supervisi dan Verifikasi lokasi pendirian MI Al Hikmah sebagai salah satu mekanisme yang harus dilakukan dalam penerbitan Ijin Operasional.

Tim Verifikasi Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah yang hadir adalah, H. Juair (Kasi  Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah) beserta rombongan, dan di terima Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Wonogiri, Fauzi Rohman Jauhari, yang kemudian langsung mengadakan pengecekan atau verifikasi ke lokasi madrasah yang mengajukan proposal ijin pendirian.

Menurut H. Juair proses verifikasi legalitas suatu lembaga pendidikan (ijin operasional) memang perlu di perhatikan karena merupakan salah satu bukti adanya proses belajar-mengajar dan merupakan bagian persyaratan administrasi yang harus dipenuhi untuk menunjukkan eksistensi lembaga pendidikan sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No 1385 Tahun 2014 tentang pendirian madrasah.

Hasil verifikasi Madrasah menurutnya sebagai bahan pertimbangan untuk menerbitkan ijin operasional pendirian Madrasah, dia  berharap dengan diterbitkanya Ijin Operasional Madrasah akan mempunyai legalitas dan profesionalitas lembaga pendidikan tersebut untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat semakin tinggi.

“Untuk itu, pada hari ini TIM Kanwil akan melakukan verifikasi kelapangan mengenai persyaratan teknis dan administratif yang harus di penuhi sesuai dengan pesyaratan yang telah ditetapkan. Dan berdasarkan hasil kelayakan ini nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi untuk penerbitan izin operasional madrasah dimaksud,” jelas Juair.

Sedangkan Kasi Pendidikan Madrasah, Fauzi yang ikut mendampingi pelaksanaan verifikasi mengatakan, untuk mendapatkan surat izin operasional pendirian tersebut, madrasah  harus memenuhi banyak persyaratan, diantaranya mengajukan usulan yang berisi berkas seperti surat kepemilikan tanah, kompetensi pengajar, struktur kepengurusan dan syarat lainnya ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah melalui Kankemenag Wonogiri.

“Semoga semuai persyaratan sudah terpenuhi oleh lembaga yang bersangkutan, dan bisa segera berkompetisi dengan sekolah ataupun madrasah lainnya,” pesan Fauzi.(Mursyid-Heri/Sua)


Dibaca sebanyak 15 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial