Berita

Halaman Berita

Wawasan Kebangsaan salah satu syarat perijinan Ponpes

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 03 Juli 2020

* Mustain Ahmad, didampingi KaSubbag TU Rosyid Ali, dan Kasi PAIS Zarkasi meninjau Ponpes Ar-Raudhah, diterima oleh Pengasuh Ponpes Habib Novel dan Habib Muhammad

Surakarta -  Melaksanakan mekanisme penerbitan Ijin Operasional Ponpes, Kementerian Agama Kota Surakarta berkewajiban melakukan verifikasi di lapangan. Mustain Ahmad, didampingi Kasi PAKIS  --Zarkasi, dan KaSubbag TU –Rosyid Ali Safitri meninjau lokasi Ponpes Ar-Raudhoh Semanggi Kec. Pasarkliwon pimpinan Habib Novel (02/07). Melihat kondisi Ponpes, Musta’in mengaku menemukan kondisi yang menggembirakan apalagi dengan model pembelajaran yang dinilai sesuai di era kekinian.” Dengan adanya terobosan yang bagus dari ponpes, kita berharap masyarakat dari mana saja punya kesempatan dalam sejarah hidupnya, pernah bersentuhan dengan suasana pesantren,”jelasnya. Musta’in menjelaskan tentang kesepakatan dengan pengasuh Ponpes, tentang pembekalan dan penguatan pada aktivis Rohis SMA/K saat kondisi semakin membaik nantinya.

Senada dengan hal tersebut, usai berjalan dan meninjau lokasi mulai dari asrama, aula, hingga lokasi masjid, Zarkasi selaku Kasi Pakis menyampaikan beberapa pesan dari hasil survey perijinan. Sejauh ini hasil verifikasi di lapangan telah memenuhi unsur-unsur Pesantren (arkanul ma’had) seperti tersedianya masjid/musholla. Asrama santri/gedung, santri mukim dan kyai/ustadz yang memiliki kompetensi kepesantrenan serta materi kajian kitab-kitab berbahasa arab. “begitu pula dalam wawasan kebangsaan, mengembangkan nilai islam rahmatan lil'alamin berlandaskan pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggl Ika,”tambahnya. Selanjutnya pihaknya akan menerbitkan rekomendasi, dan dilanjutkan ke Bidang Pendidikan Diniyah dan Pontren Kanwil Kemenag Prov Jateng dilanjutkan ke Kemenag Pusat.

Dalam pengajuannya, Novel –Pimpinan Ponpes Ar-Raudhah juga telah menyatakan bahwa Ponpes yang dikelola benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan, kebangsaanm kenegaraan dan persatuan yang didasarkan atas Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Dijelaskan kegiatan yang dilaksanakan dalam ponpes tersebut, salah satunya yaitu Santri Weekend. “Dari mana saja boleh datang, mulai dari Jum’at siang hingga Ahad siang, bersama-sama belajar, nyantri, makan minum gratis asalkan mendaftar terlebih dahulu,”imbuhnya. (may/bd)


Dibaca sebanyak 56 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial