Berita

Halaman Berita

Workshop KTSP dan Penyusunan Pembelajaran MAN 2 Dibuka Kankankemenag

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 11 Juli 2019

* Kakankemenag H. Masdiro Buka Workshop KTSP dan Penyusunan Pembelajaran MAN 2 Banjarnegara (11/07)

Banjarnegara – MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 2 Banjarnegara, menyelenggarakan Workshop KTSP dan Penyusunan Pembelajaran menyongsong tahun pelajaran baru 2019-2020 Kamis (11/07) bertempat di Ruang Multimedia Lantai 2 MAN 2 Banjarnegara, yang rencana dilaksanakan selama 3 hari (11-13/07).

Kegiatan mengundang 93 orang guru Mapel MAN 2 Banjarnegara dan 5 peserta dari KKM (Waka kurikulum MA), dengan harapan informasi dan ilmu juga bisa ditularkan kepada guru dan madrasah di wilayahnya, terang panita workshop-Natir.

Kegiatan bertujuan agar para guru dapat menyusun KTSP dengan benar, dan guru memiliki RPP, analisis kompetensi lulusan,  analisis kompetensi dasar, menetapkan kompetensi lulusan,  pemetaan mata pelajaran, silabus dan analisis KKM. Melalui kegiatan juga akan dipraktekkan penerapan raport digital yang merupakan terobosan dalam mempermudah pekerjaan guru, jelasnya.

Imam Sayoga, Kepala MAN 2 Banjarnegara menyampaikan bahwa dunia pendidikan dinamis dan berkembang, termasuk kurikulum.  Kurikulum berubah, namun poin utama adalah perubahan pengajaran dari teacher oriented menjadi student oriented. Keberhasilan kurikulum tergantung pelakunya yakni  siswa,  guru dan lembaga/madrasah, ucapnya.

Melalui workshop Imam Sayoga berharap kelengkapan bahan ajar tersusun dengan baik, Juga peningkatan kemampuan dan strategi mengajar guru. Hal ini untuk menunjang keberhasilan audit kinerja dan akreditasi madrasah tahun 2020.

Kakankemenag H. Masrio dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa pelaksanaan kurikulum  tergantung pelaku utama yakni guru.  “Sejarah kurikulum sebaik apapun, keberhasilan dan output didukung guru yang berkompeten dan bisa melaksanakan kurikulum yang sudah ditetapkan,”

Salah satu indikator kualitas madrasah adalah seberapa banyak diterimanya lulusan di perguruan tinggi, tentunya diperoleh dari lembaga yang berkualitas. Tanggung jawab besar untuk meningkatan kualitas kualitas pendidikan di madrasah yang juga diwarnai oleh perkembangan jaman yang harus juga diikuti oleh guru, tambahnya.

“Diakui MAN 2 Banjarnegara sejak PGA menjadi idola disamping sarana dan prasarana memenuhi kualitas lulusan memuaskan, untuk itu diharapkan tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Tingkatkan kompetensi, susun program ajar dengan baik dan benar, guru senior diharap juga bisa memotivasi dan mendukung semangat”, harapnya.

Selain itu Masdiro berpesan agar para guru memiliki “Keikhlasan” yang diunggulkan dibandingkan dengan materi, karena dari kesejahteran sudah terjamin pemerintah bagi para pendidik, “Siswa MAN 2 sebanyak 1.600 siswa, merupakan amanah yang tidak ringan dan akan di pertanggung jawabkan orang tua, negara dan Allah SWT,” katanya.

Narasumber selain Kakankemenag Kabupaten Banjarnegara dan guru yang berkopeten dibidang kurikulum, juga hadir H. Juair, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. (Nangim/rrf)


Dibaca sebanyak 84 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial