Berita

Halaman Berita

Wujudkan Masjid Bersih, Nyaman, dan Aman

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 09 September 2019

* DMI Kab. Pemalang mengakan lomba sanitasi masjid besar untuk mewujudkan masjid yang bersih, nyaman, dan aman (fi - 7/9/2019)

Pemalang - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pemalang pada tahun ini melakukan inovasi berupa penyelenggaraan lomba sanitasi bagi masjid besar atau masjid tingkat kecamatan di Kabupaten Pemalang. Penilaian lomba sanitasi masjid besar diawali pada hari Sabtu (7/9/2019).

Pengurus DMI yang diwakili oleh Akhmad Zaeni selaku sekretaris DMI hadir bersama tiga orang tim penilai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. Ketiga tim penilai dari Dinkes terdiri dari Akhmad Sarifudiun, Yusuf Riyadi, dan Cunaedi.

Penilaian lomba sanitasi diawali dari Masjid Besar Raudlatul Muttaqin Kecamatan Watukumpul pada jam 09.00 WIB. Kedatangan tim penilai disambut oleh takmir dan pengurus masjid beserta Kepala Desa Watukumpul. Tim penilai meninjau kondisi sanitasi masjid dan fasilitas yang ada di masjid. Selesai peninjauan, selanjutnya dilaksanakan paparan yang dipimpin oleh Akhmad Zaeni.

“Penyelenggaraan lomba sanitasi masjid ditujukan guna mewujudkan masjid besar yang bersih. Mudah-mudahan kita akan memiliki inovasi yang lebih maksimal guna kemajuan masjid, guna masyarakat agar lebih betah, kerasan berada di masjid. Salah satunya dari segi sanitasi masjid. Pada akhirnya, diharapkan setiap masjid memenuhi standar yang sesuai dengan standarisasi Dinas Kesehatan,” kata Zaeni yang juga sebagai Penghulu KUA Kecamatan Ampelgading mengawali paparan dari tim penilai.

Selanjutnya, Sarifudin bersama tim penilai memaparkan hasil peninjauan terhadap Masjid Besar Raudlatul Muttaqin.

“Terima kasih kepada bapak kyai, takmir masjid karena telah mengelola masjid dengan baik. Bagaimana kita menjadikan masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, tapi membuat jemaah nyaman, dengan menjadikan masjid tempat yang bersih, aman, dan nyaman,” kata Sarifudin.

Masjid Besar Raudlatul Muttaqin yang terletak tepat di pinggir jalan raya menurut Sarifudin membutuhkan perhatian ekstra dalam hal kebersihan lantai, terutama di musim kemarau. Hendaknya masjid dibersihkan secara periodik.

“Terkait tempat wudhu dan toilet sudah cukup baik. Namun di dalam toilet belum ada tempat sampah. Bagi masjid yang berada di pinggir jalan raya, bukan hanya dimanfaatkan bagi orang yang akan beribadah saja. Namun terkadang melayani masyarakat yang akan memanfaatkan toilet. Oleh karena itu, kebersihan toilet perlu diperhatikan termasuk fasilitas penunjangnya,” imbuhnya.

Berkenaan dengan gudang, tim penilai meminta agar karpet yang tidak digunakan tidak ditumpuk dilantai gudang. Tim penilai memberikan saran agar pengurus masjid membuat rak tempat karpet dan barang-barang lainnya agar tidak menjadi sarang tikus, kecoa, atau serangga lainnya. Penempatan alat kebersihan dan bahan kimia diharapkan tidak dicampur dengan penempatan gelas atau perabot lainnya.

Selanjutnya terkait keamanan, tim penilai memberikan saran agar masjid menyediakan alat pemadam api ringan (APAR). Guna memantau situasi di lingkungan masjid, pengurus masjid diharapkan bisa mengadakan CCTV.

Menanggapi paparan dari tim penilai, pengurus Masjid Besar Raudlatul Muttaqin yang diwakili oleh Ust. Zakaria menyampaikan ucapan terima kasih atas saran dan masukan yang diberikan oleh tim penilai dan DMI Kabupaten Pemalang.

“Semoga menjadi nilai tambah, banyak informasi yang kami terima, dan akan kami tindaklanjuti, terima kasih mudah-mudahan apa yang telah disampaikan menjadi motivasi bagi kami pengurus Masjid Besar Watukumpul untuk meningkatkan dalam pelayanan ibadah dan lainnya. Mudah-mudahan atas bimbingan DMI Kabupaten Pemalang akan menjadi masjid yang lebih baik,” katanya.

Seusai penilaian sanitasi di Masjid Besar Kecamatan Watukumpul, rombongan melanjutkan penilaian di Masjid Besar Kecamatan Belik dan Masjid Besar Kecamatan Pulosari. Esok harinya, Minggu (8/9/2019) penilaian dilakukan di Masjid Besar Kecamatan Moga, Warungpring, dan Randudongkal. Pelaksanaan penilaian lomba sanitasi dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu selama tiga minggu kedepan. (fi/rf)


Dibaca sebanyak 10 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial