Berita

Halaman Berita

Yayasan Assalam Bandungan Terapkan M3 Sebagai Metode Pembelajara Tahfidz Al Qur'an

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang - 13 Februari 2020

* Foto Bersama Rombongan Badko TKQ-TPQ-TQA Kabupaten Bekasi di Yayasan Assalam Bandungan.

Ungaran – Keberhasilan metode pembelajaran tahfidz Al qur’an dengan metode M3, yaitu Mendengarkan berulang-ulang, Menirukan berulang-ulang dan Mengulangi berulang-ulang yang diterapkan di TK Alqur’an (TKQ) Assalam Bandungan, rupanya menjadi magnet tersendiri dalam upaya membumikan Al qur’an di Bumi Serasi.

Untuk diketahui, TK Alqur’an Assalam Bandungan pada akhir 2019 lalu telah ditetapkan sebagai TK Al qur’an percontohan oleh Kementerian Agama, setelah sebelumnya pada tahun 2010, PAUD Assalam Bandungan juga ditetapkan sebagai PAUD percontohan oleh Direktorat PAUD Kemendikbud.

Demikian disampikan pembina Yayasan Assalam Bandungan, Mustofa AY, saat menerima kunjungan kerja Badan Koordinasi (Badko) TKQ-TPQ-TQA Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Selasa (11/2). Mustofa menjelaskan bahwa pada dasarnya, metode untuk menghafal Alqur’an itu beragam. Namun dari sekian banyak metode yang ada, Yayasan Assalam Bandungan memang hanya menerapkan metode M3 bagi semua santri yang belajar tahfidz Al qur’an.

"Secara umum, prinsipnya sedikit dan sederhana, karena hanya M3. Tetapi tekniknya bisa dilakukan dengan sangat beragam," kata Mustofa AY, yang juga inisiator sekaligus penulis buku Panduan Praktis Pengelolaan Paud Tahfiz Al qur'an ini.

Dalam kesempatan yang sama, Mustofa juga menyampaikan bahwa usai melakukan observasi pembelajaran in door, out door, rombongan diajak menyaksikan penampilan hafalan Al qur'an anak- anak Paud yang unjuk kebolehan pembelajaran Al qur'an metode Tarjim. Kemudian rombongan Badko TKQ-TPQ-TQA Kabupaten Bekasi juga akan diajak berdialog dan berdiskusi terkait penerapan metode pembelajaran hafalan Al qur’an yang sudah diimplementasikan oleh santri-santri TKQ, TPQ dan Paud Tahfidz Assalam Bandungan.

“Kami persilahkan segenap rombongan untuk bisa melakukan observasi terlebih dahulu, sedangkan untuk pertanyaan-pertanyaan yang ada, akan kami tanggapi saat forum diskusi dan tanya jawab,” pungkasnya. (shl/Sua)

 


Dibaca sebanyak 44 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Terima Penghargaan Satker Dengan Setoran Pajak Terbesar Tahun 2019 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

RAT PKPRI Sragen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial