Opini

Halaman Opini

Keluar Dari Zona Nyaman, Mutasi : Siapa Takut

Oleh Subbag Inmas 08 - 03 November 2019

Semarang (Inmas) - Segala sesuatunya sudah berjalan dengan lancar, tak banyak masalah, tak ada hambatan yang berarti, tekananpun ga ada dan merasa bahwa pekerjaan sudah sesuai passion kamu, kamu sudah nyaman baik dengan pekerjaan dan lingkungannya,  yang perlu kamu tahu kamu sedang berada dalam zona nyaman. Apakah kita harus berhenti disini atau harus berani keluar dari Zona ini?

Yang mau diperjelas kali ini adalah statement dari pakar Behavioural Psychologi Alasdair A.K. White dalam bukunya 'From Comfort Zone to Performance Management' bahwa Zona Nyaman adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa terbiasa dan nyaman karena mampu mengontrol lingkungannya. Sudah enak dengan kondisi saat ini, sudah nyaman dengan pekerjaan saat ini, patner kerja yang baik, pimpinan yang selalu suport, tingkat pemahaman atas pekerjaan pun sudah sangat menguasai, tapi Apakah kita cukup dengan kondisi ini dan merasa puas dengan pekerjaan yang monoton dan cenderung berulang terus kemudian menganggap ini adalah yang terbaik sampai merasa takut akan perubahan.

Rasa takut dan enggan untuk beralih dengan pekerjaan dalam bidang lain (mutasi) dalam sebuah organisasi. Takut mencoba sesuatu yang baru, jika kamu merasa seperti itu maka kamu adalah orang yang gagal sebelum berperang. menyerah sebelum kalah, kamu takut melakukan hal-hal baru karena ketakutan yang kamu hadirkan sendiri. jika hal itu diteruskan maka kamu tidak akan berkembang. 

Beranilah keluar dari Zona nyaman maka kamu berkembang. Jika saat ini mungkin kamu sedang bosan dengan pekerjaan dan merasa biasa-biasa saja, sebuah mutasi adalah hal yang kamu nantikan, tetapi bagi yang merasa nyaman dengan pekerjaan dan takut dengan perubahan, jadikan mutasi ini sebagai tantangan untuk dirimu sendiri bahwa kamu bisa, bisa menyesuaikan, bisa melaksanakan, bisa berkreasi dan berinovasi sesuai dengan mengembangkan skill yang bisa jadi belum kamu sadari sebelumnya bahwa kamu memilikinya. 

Sebelum keluar dari Zona Nyaman (pekerjaan tertentu) kamu hanya tau bahwa kamu hanya mampu dalam bidang itu-itu saja, namun ketika kamu berani keluar dari Zona Nyaman, kemampuanmu di bidang lain akan tereksplore, itu berarti Meng-upgrade diri, setiap orang memiliki kecerdasan majemuk, hal ini akan keluar ketika kita dihadapkan pada hal-hal yang baru. Akhirnya kamu dapat mengembangkan diri dan memperluas wawasan dengan terus belajar, banyak melihat dan menghadapi hal-hal baru, kamu akan menjadi lebih terbuka dan kritis, pola pikir berkembang dengan banyaknya pengalaman dari berbagai bidang pekerjaan. 

Untuk kawan-kawan yang mutasi selamat menikmati suatu pekerjaan, dengan lebih baik mengganggapnya sebagai hobi daripada mengeluhkan dan menganggapnya beban. Setiap pekerjaan memiliki resiko, itu menjadi bagian yang melekat dan tanggungjawab kita untuk meminimalisirnya. Terus membangun koordinasi dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan pekerjaan kita dan selalu berkonsultasi merupakan solusi kesusksesan suatu pekerjaan, apapun pekerjaan kita di bidang manapun kita bekerja tunjukkan bahwa kamu bisa. Menuju Indonesia Maju. Semangat.


Dibaca sebanyak 158 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru




Penutupan Pelatihan Publikasi Ilmiah di MTs Negeri 2 Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial