Opini

Halaman Opini

Kemenangan Dalam Fitroh Manusia

Oleh Administrator - 31 Oktober 2019

Ramadan sudah berlalu namun semangat dan ruh Ramadhan masih begitu terasa sampai dengan saat ini. Satu bulan yang lalu kita bersama masih menjalankan ibadah puasa dengan menahan makan dan minum serta hal-hal lain yang tentunya dilarang oleh syariat agama.

Fitroh dari manusia sesungguhnya suci, munculnya perilaku menyimpang dan hazard terjadi karena dorongan dan syahwat internal atas dunia juga pengaruh tekanan sosial yang melingkupinya. Ketika manusia tidak mampu mengendalikan syahwat dan tekanan sosial  dengan baik potensi terjadinya gesekan konflik akan sangat terbuka lebar dan gampang tersulut ke permukaan meskipun dengan latar belakang persoalan yang sesungguhnya masih bisa dikomunikasikan.

Sepatutnya di bulan yang fitri ini kita semua menginternalisasikan nilai Iedul Fitri dalam diri masing-masing dengan menempatkan diri kita menjadi jati diri insani yang kepada siapapun dan dimanapun mampu menebarkan nilai kebaikan dan perdamaian kepada sesama manusia dan seluruh alam.

Konsepsi besar Kementerian Agama yang mendengungkan nilai moderasi beragama akan semakin nyata terwujud dan mendapatkan ruang serta panggung nyata di tengah masyarakat kita yang plural melalui momen Iedul Fitri saat ini yang baru kita rayakan. Ini tentu menjadi bagian tanggung jawab Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk ikut serta menyampaikan pesan besar ini kepada masyarakat.

Berbagi kepada sesama yang membutuhkan secara istiqomah, mampu mengendalikan emosi ketika menjumpai di depan mata kita sesuatu itu bertentangan dengan ideal yang diinginkan oleh syariat agama, kesedian membuka pintu maaf atas kesalahan orang lain diminta ataupun tidak serta tidak melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain, kesemuanya itu menjadi pilar utama dalam memaknai hakekat dari Iedul Fitri  yang saat ini dirayakan oleh seluruh umat Islam dibelahan dunia manapun.

Kulminasi dari perayaan ini sesungguhnya haruslah mampu menjadikan kehidupan sosial dan keberagamaan yang santun, beradab dan bermartabat di tengah masyarakat semakin dirasakan kehadirannya bukan justru sebaliknya, ketegangan antar kelompok pada saat pemilu kemarin juga semestinya disudahi dan kembali bergandang tangan karena hakikatnya kita semua adalah saudara.  Implementasi menjadikan diri kita sebagai insani yang fitroh dan mengamalkan pilar-pilar diatas tentu akan mengukuhkan fitroh manusia itu sendiri untuk menjadi pemenang dalam kancah pertarungan ego dan syahwat atas dunia hal ini juga akan menghantarkan kita kepada kebahagiaan dunia dan akherat dalam konteks teologi universal.

Akhirnya dengan momentum Iedul Fitri tahun ini saya mengharapkan kita semua Umat Islam di Jawa Tengah khususnya dan Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui momentum kemenangan ini bisa menjadi promotor dan mesin penggerak perdamaian di tengah masyarakat menuju kehidupan yang baldatun toyyibatun wa robbun ghofur. Amin. (Af).


Dibaca sebanyak 64 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru




Penutupan Pelatihan Publikasi Ilmiah di MTs Negeri 2 Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial