Opini

Halaman Opini

Mengurai Benang Kusut Kehumasan Kabupaten/Kota

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang - 28 Maret 2018

Kehumasan pada instansi pemerintah telah bertransformasi menjadi sebuah peran yang sangat penting dalam memberikan wajah instansi. Ada yang menyebut, Kehumasan sebagai Public Relation-nya instansi, sehingga bagaimana pengelolaan kinerja instansi tersebut dapat dibaca dari bagaimana package yang disajikan oleh Kehumasan.

Sebagai Pengelola Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten sejak 2012, saya merasakan betul dinamika kehumasan yang digadang-gadang dapat menjadi media atau corong Kemenag dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap Kementerian Agama. Berbagai inovasi telah dilakukan Subbag Hukum dan Informasi Masyarakat dalam mendongrak performa kehumasan di daerah, mulai dari pembuatan CMS Website, rakor kehumasan, maupun rakor bidang TIK.

Tidak dapat dipungkiri, nyatanya setiap Kabupaten/Kota mempunyai sumber daya (resource) yang berbeda dalam implementasi program bidang Kehumasan, sehingga hanya beberapa Kabupaten/Kota saja yang fungsi kehumasannya dapat berjalan secara maksimal,  profesional, dan efektif guna mendukung tata kelola pemerintahan yang baik.

Agar Kehumasan Kabupaten/Kota dapat menajamkan perannya, berikut hal-hal yang perlu dicermati.

 

Hulu yang baik akan menjernihkan hilir

Komitmen pimpinan terhadap fungsi kehumasan itu sangat penting. Jika pimpinan memandang Kehumasan sebagai media penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap Kementerian Agama, maka ia akan meminta seluruh kegiatannya dapat diberitakan. Setidaknya dari pemberitaan tersebut ada dua hal positif yang didapat yakni pertama, masyarakat akan tahu bahwa ASN Kementerian Agama bekerja dengan baik melalui serangkaian kegiatan, dan  kedua, pemberitaan tentang kinerja Kepala Kantor akan membentuk personal branding yang kuat.  

Melalui pemberitaaan tentang kinerja Kepala Kantor, ASN  dapat mengetahui apa ide, gagasan, aspirasi, petunjuk, arahan,  dan kemauan Kepala Kantor ke arah mana instansi akan dibawa. Pimpinan yang komitmennya terhadap kehumasan tinggi, pasti akan memberikan penguatan terhadap fungsi Kehumasan. Dengan demikian, kunci dari maju tidaknya Kehumasan pada Kabupaten/Kota adalah sejauh mana komitmen pimpinan terhadap fungsi kehumasan.

 

SDM itu Penting, Jangan Abaikan Apresiasi

Harus diakui bahwa Kementerian Agama tidak mempersiapkan dengan baik SDM terkait fungsi Kehumasan. Artinya saat ini orang-orang yang berkecimpung di bidang Kehumasan tidak berlatar belakang pendidikan yang sesuai. Perlu dilakukan usaha yang sungguh-sungguh agar SDM yang diberikan tugas dalam Kehumasan kompeten dalam tugasnya.

Tidak ideal seorang ASN bidang Kehumasan diberikan beban tugas-tugas teknis lain karena sebenarnya Kehumasan itu dinamis dan kreatif. Agar dapat bekerja dengan maksimal maka janganlah pelit untuk memberikan apresiasi. Apresiasi yang diberikan antara lain dengan menyediakan peralatan pendukung misalnya apakah sudah tersedia kamera yang layak untuk dokumentasi, apakah sudah tersedia ruang yang layak untuk mendukung kinerja, apakah sudah tersedia sarana transportasi yang mendukung untuk peliputan, apakah sudah memberikan solusi atas hambatan yang dihadapi, dan dan lain-lain.

Sangat tidak adil, kinerja dituntut tuntas sementara untuk berjalan menunaikan tugasnya masih pincang karena keterbatasan sarana. Jika ingin kehumasannya maju, maka pilih SDM yang tepat, dan berikan apresiasi.

 

Kinerja Harus Terukur

Kinerja yang terukur itu penting agar seorang ASN bisa bekerja kompetitif. Target-target perlu dibuat berdasarkan analisa kekuatan dan kelemahan sehingga target yang ditetapkan rasional untuk dilaksanakan. Misalnya: untuk konstribusi berita dalam satu bulan adalah 20 berita, posisi sebagai kontributor berita website Kanwil minimal 10 besar, dan sebagainya.

Jika target sudah ditetapkan, maka bangun komitmen ASN untuk mewujudkan target tersebut. Inovasi perlu ditumbuhkan agar ASN mempunyai strategi dalam mencapai target tersebut. Jika target tidak tercapai, maka bisa dijadika n evaluasi melalui review target dan memperbaiki strategi.

 

Komunikasi itu Penting untuk Mewujudkan Kolaborasi

Salah satu penyumbang kegagalan mengapa Kabupaten/Kota susah sekali memenuhi harapan Kanwil terkait kontribusi pemberitaan adalah belum terjalin komunikasi yang efektif antara pimpinan, petugas kehumasan, dan elemen terkait.

Agar dapat menjalankan tugasnya, ASN Kehumasan perlu ruang gerak yang bebas sehingga bisa memobilisasi sumber-sumber berita yang ada di lingkup Kemenag. Misalnya, pimpinan mengingatkan agar kegiatan di Hotel A diliput, atau Kepala Seksi menyampaikan ada kegiatan workshop di hotel B, dan sebagainya.

ASN Kehumasan perlu informasi yang beragam agar dapat menyampaikan kinerja instansi secara total. Tidak mungkin hanya mengandalkan berita dari liputan pimpinan, tetapi ASN Kehumasan perlu menjalin komunikasi yang efektif dengan stakeholder lain seperti Kepala Madrasah, Kepala KUA, Penyuluh Agama, tokoh agama dan sebagainya.

Membangun komunikasi ini tidak mudah jika masing-masing pihak tidak memandang penting fungsi kehumasan. Maka kebijakan pimpinan dalam mendorong ASN Kehumasan agar mendapat tempat pada stakeholder yang ada sangat dibutuhkan.

 

Hal-hal di atas jika dikelola dengan baik, semoga menjadi pemotong benang kusut tumpulnya fungsi Kehumasan pada Kantor Kemenag Kab/Kota. Jika dikelola dengan baik dengan strategi yang tepat, insyallah dapat mengurai permasalahan bidang Kehumasan. Kehumasan yang saya bahas mungkin spesifik ke berita, tetapi dengan memperbaiki hal-hal tersebut akan berdampak signifikan terhadap meningkatnya mutu Kehumasan secara umum.

Semoga bermanfaat!

 

Ahmad Maskuri, S.Kom – Pranata Komputer Pertama, Pengelola Kehumasan pada Kantor Kemenag Kab. Magelang.

 


Dibaca sebanyak 364 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


MI Negeri 3 Tegal Juara KSM Cabang Matematika Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 20 Juni 2019

Farhani : Kontribusi Jawa Tengah Terhadap Kerukunan Umat Beragama Tinggi Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 20 Juni 2019

Guru Pekerjaan Yang Sangat Mulia Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen - 20 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial