Opini

Halaman Opini

SEBUAH PERUBAHAN ADALAH PRESTASI

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 03 Oktober 2019

Banyak orang yang mengatakan bahwa Madrasah A adalah tergolong Madrasah yang sangat berprestasi, karena nilai rata-rata hasil UN nya tinggi. Demikian sebaliknya, Madrasah B adalah tergolong Madrasah yang tidak berprestasi (tidak baik) karena nilai hasil UN nya rendah.

Menurut pendapat saya, pendapat seperti itu tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah, karena prestasi adalah sebuah hasil kerja melalui proses dan input dasarnya. Bisa jadi Madrasah yang hasil UN nya baik tadi memang inputnya sangat baik, atau sebaliknya, sehingga hepotesa itu belum dapat digunakan sebagai penentu atau keputusan.

Contoh kongkrit, sebuah Madrasah nilai hasil UN nya rata-rata 81.00, ini hasil luar biasa sehingga bisa dikatakan Madrasah tersebut Madrasah baik (berprestasi). Sebelum menentukan itu, kita perlu melakukan study analisis, apakah input anak-anak tersebut dibawah 81 atau diatas 81. Untuk mengetahui nilai inputnya bisa diambil dari nilai hasil UN tingkat sebelumnya, atau melalui tester sendiri. Jika nilai inputnya dibawah 81, maka bisa dikatakan Madrasah tersebut memang baik (berprestasi), tetapi jika nilai inputnya diatas 81, maka bisa dikatakan Madrasah tersebut tergolong Madrasah biasa-biasa saja, bahkan lebih ekstrim bisa dikatakan, jika nilai inputnya diatas 81, sedangkan hasil UN nya hanya 81, maka bisa dikatakan GAGAL.

Nah, sekarang kita cari apa penyebab kegagalannya, apakah proses yang dilakukan di Madrasah tersebut, ataukah karena soal-soal UN yang dihadapi terlalu sulit. Kalau penyebabnya yang kedua, Teman - teman yang berprofesi sebagai Pendidik tidak terlalu bersalah, tetapi kalau penyebabnya yang pertama, maka marilah kita perbaiki proses pendidikan kita dengan belajar dan belajar untuk mengoreksi kekurangan kita masing-masing.

Itulah pentingnya input dan proses dalam menentukan sebuah prestasi.

Marilah kita berusaha merubah diri kita ke arah yang lebih baik, karena perubahan adalah prestasi, tiada hari tanpa prestasi, berarti tiada hari tanpa perubahan. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 144 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Melalui Kankemenag BPJamsostek Serahkan Jaminan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas - 04 Juni 2020

Terapkan Protokol Kesehatan Ekstra Ketat, PPDB MTsN 2 Purbalingga Lampaui Target Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 04 Juni 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial