Press Release

Halaman Press Release

 Pembelajaran PAI Secara On Air Menjangkau Semua Lapisan 

Oleh Subbag Inmas 08 - 04 Mei 2020

Press Release DPW Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jawa Tengah 

Pembelajaran PAI Secara On Air Menjangkau Semua Lapisan 

Meskipun sekarang ini seluruh masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid 19, pembelajaran tetap berjalan. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk belajar di rumah. 

Dalam implementasi pembelajarannya menggunakan daring. Ternyata dengan sistem daring, ada kendala, yaitu membutuhkan tambahan biaya untuk membeli kuota internet. 

Hal ini ditegaskan Ketua DPW AGPAII (Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia) Jawa Tengah, Dr. Muhammad Ahsan, M.Kom, “Ketika pembelajaran daring diterapkan di lapangan ternyata masih terdapat kendala dengan masalah sosial ekonomi. Sebagian orang tua peserta didik tidak cukup punya dana untuk membeli gadget, pulsa/kuota internet, maka perlu solusi alternatif. Dalam beberapa kasus, pembelajaran online juga terkendala oleh ketiadaan sinyal jaringan internet di suatu kawasan.” 

Dalam situasi demikian, menurut Ahsan yang juga alumni Doktor Manajemen Kependidikan Unnes,  perlu dilakukan pembelajaran secara on air dengan memanfaatkan gelombang frekuensi radio, sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Karenanya program Ibu Pertiwi Memanggil, Belajar di RRI sangat tepat sekali sebagai alternatif pembelajaran bagi peserta didik di sekolah. 

Untuk memantapkan isi siaran, khususnya pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam selama bulan ramadhan, menurut Hery Nugroho, M.SI., M.Si, Sekretaris DPW AGPAII Jawa Tengah, RRI Semarang menggandeng DPW AGPAII Jawa Tengah dalam penyediaan narasumber terpilih dari GPAI terbaik di DPW AGPAII Jawa Tengah maupun DPD AGPAII Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. 

Siaran ini diperuntukkan untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK dimulai hari Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional), 4-22 Mei 2020 pukul 10.00-11.00 di RRI Pro2 95.3 FM atau juga bisa mengunduh aplikasi RRI Play Go.
 
Dalam kesempatan tersebut, menurutnya akan dipandu oleh host dari RRI. Setelah pengantar dari pembawa acara, guru menjelaskan materi terlebih dahulu, kemudian peserta didik dapat mengajukan pertanyaan kepada  narasumber maupun memberikan jawaban atas pertanyaan dari nasaumber pada nomor WA 08156510953.

Terkait dengan program tersebut, Kepala Bidang PAIS Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Imam Buchori, M.Si, sangat mendukung program Ibu Pertiwi Memanggil Belajar PAI di RRI. Beliau menghimbau agar Guru PAI SD, SMP,SMA/SMK Negeri/Swasta Se-Jawa Tengah mengajak peserta didiknya untuk mengikuti program tersebut. Sehingga tidak ada alasan, ada pandemi Covid 19, pembelajaran PAI di sekolah tetap berjalan dengan baik.


Dibaca sebanyak 91 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial