1.060 Calon Jamaah Haji Kebumen Jalani Proses Paspor

Kebumen-Kementerian Agama Kabupaten Kebumen saat ini sedang melakukan tahapan perekaman untuk paspor untuk 1.060 calon jamaah haji (CJH). Layanan perekaman paspor ini terhitung mulai hari Senin yang lalu selama 10 hari sampai dengan besok (Rabu, 13/2) di Kantor Imigrasi Kabupaten Cilacap

Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Darisun  sejauh ini proses pembuatan paspor bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. “Alhamdulilah prosesnya sejauh ini berjalan dengan lancar, mudah-mudahan sampai hari terakhir nanti,” tuturnya.

Calon Jamaah Haji yang datang dari berbagai wilayah Kecamatan di Kebumen terlihat  kumpul setiap pagi di halaman kantor Kemenag Kebumen sesuai dengan jadwal pemberangkatannya . “Setiap hari kami menyediakan tiga armada bus untuk melayani ratusan CJH menjalani proses pembuatan paspor,” kata salah satu ASN Kemenag. “Dan masing-masing bus didampingi oleh 1 ASN seksi PHU Kankemenag Kebumen,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi tentang biaya kegiatan ini Darisun mengatakan bahwa anggaran untuk proses paspor ini sementara memang masih mandiri, namun akan diganti saat pemberangkatan nanti ketika CJH sudah berada di Asrama Haji Donohudan bersama dengan pemberian living cost. “Biaya akan diganti saat mau berangkat nanti bersama dengan living cost,” ucapnya.

Terkait dengan BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) tahun 2019 yang tidak berubah dari tahun sebelumnya, yakni 35,2 juta rupiah, Darisun juga sangat bersyukur karena ini berarti masih tidak jauh dari angka perkiraan sebelumnya oleh para Calon Jamaah Haji.

Namun dia berharap agar para CJH tetap selalu menjaga kesehatannya agar pada saat pemberangkatan nanti bisa tidak ada kendala. “Harapannya Jamaah tetap jaga kesehatannya biar nanti lancar,”pungkasnya.(pt/Wul)