1.200 Siswa PAUD Ikuti Manasik Haji

Rembang – Sekitar 1.200 siswa siswi TK/RA memadati lapangan Gedung Haji. Kendati cuaca panas, mereka tetap riang mengikuti rangkaian manasik haji yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Muslimat NU Kabupaten Rembang, Kamis (6/9/2018).

1.200 anak-anak tersebut berasal dari 25 TK/RA maupun Kelompk Bermain (KB) yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Muslimat NU Kabupaten Rembang. Ketua Penyelenggara, Hj. Nuryani mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai rangkaian ibadah haji.

“Selain itu, manasik haji ini diharapkan bisa memicu keinginan anak-anak dan orang tuanya untuk segera berangkat haji,” sambungnya.

Nuryani menyampaikan apresiasi kepada wali murid dan pengasuh RA/TK/KB yang telah mendukung sepenuhnya murid-murid untuk mengikuti manasik ini.

“Kami sampaikan terimakasih kepada wali murid yang telah mempersiapkan putra-putrinya untuk mengikuti manasik ini. Demikian juga kepada pengasuh TK/RA/KB yang telah memfasilitasi siswa sampai ke Gedung Haji ini,” kata Nuryani.

Pendidikan Karakter

Sementara Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah dalam sambutan pengarahannya mengatakan, anak-anak adalah generasi masa depan. Mereka perlu dibekali dengan ilmu pendidikan agama yang kokoh, di antaranya dengan kegiatan manasik haji.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dasar agama yang kuat kepada anak-anak. Sehingga ketika dewasa nanti, mereka masih memegang teguh ajaran Islam,” katanya.

Atho’illah juga menyampaikan, melalui manasik haji ini, anak-anak bisa menghayati makna syarat, rukun, wajib, dan sunah haji yang diharapkan bisa mendasari perilaku anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini dihadiri oleh jajaran pejabat Kemenag Kabupaten Rembang, pengawas Kemenag Rembang, segenap  pengurus Muslimat NU dan Fatayat NU Cabang Rembang. — iq/bd