135 Peserta Hadiri Musda VI MUI Kota Tegal

Tegal – Ratusan Kyai dan berbagai tokoh penting Kota Tegal hadiri Musyawarah Daerah (Musda) Majlis Ulama Indonesia (MUI)  ke VI yang digelar pada, Sabtu (07/04) di Gedung Adipura Jl. Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal.

Ratusan kyai dan tokoh penting yang hadir tersebut diantaranya; Kyai Abu Chaer An-Nur, salah satu tokoh kuat dari kalangan MUI yang belum ada penggantinya yang tepat untuk memimpin ulama Kota Tegal, Ketua FKUB, Kyai Suwarso, Ketua Baznas, Kyai Harun Abdi Manaf dan tokoh lain yang mewakili organisasi serta berbagai ulama perwakilan ditiap Kelurahan/Kecamatan.

Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Tengah, Muhidin, Pjs. Walikota Tegal, Achmad Rofa’i beserta jajaran Forum Komunikasi Pejabat Pemkot lainnya.

Dalam kesempatan  tersebut Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Tengah, Muhidin mengatakan, Musda merupakan kegiatan rutin 5 tahunan, artinya setiap 5 tahun sekali ada pemilihan pengurus baru yang diharapkan ada keseragaman dalam berfikir.

Kemudian dalam pemilihan biasanya, kita adopsi peraturan lama dengan menggunakan sistem formatur yang bijak, lembut dan efektif, sehingga akan diperoleh keputusan yang berimbang.

Di tingkat Pusat biasanya terdapat 7 Formatur, kemudian Provinsi 13 Formatur dan di tingkat Kabupaten/Kota 11 Formatur. Formatur tersebut terdiri dari 2 orang pengurus lama, 1 orang Dewan Pertimbangan (dululnya Dewan Penasehat), kemudian dari unsur MUI di tiap Kecamatan ada 4 ditambah dari unsur Ormas dan Ponpes yang jumlahnya supaya genap 11 orang, “jelas Muhidin.

Diakhir sambutanya, Ia berpesan, ulama harus mampu mengantarkan pilkada Jateng kedepan yang lebih baik, maka dari itu, semua ulama harus menggunakan hak pilihnya, utamakan persaudaraan dan memiliki komitmen untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk semua Instansi yang ada di Kota Tegal.

Selain itu, ulama juga harus mendukung penyelenggaraan pilkada dengan sebaik-baiknya sesuai UU yang berlaku, serta berusaha menolak Money Politics, Kampanye Hitam dan Berita Hoax, “pesan Muhidin.

Sementara itu, Ketua Panitia Musda, Sobirin mengatakan, bahwa Musda MUI kali ini bertemakan “Meneguhkan Peran MUI menuju Islam Moderat dan Rahmatan Lil ‘alamin.

Beliau berharap dengan diselenggarakan Musda ini, Kita dapat memilih pemimpin yang amanah, jujur, cerdas dan mampu membawa Kota Tegal dalam ridha Allah SWT dan didalam naungan keberkahan, “harap Sobirin. (IM/rf)