15.000 Hewan Qurban Disembelih di Karanganyar

Karanganyar – Sebanyak 15.000 an hewan qurban di sembelih di Kabupaten Karanganyar pada Hari Raya Idul Adha 143H/2017M. Banyaknya hewan qurban ini menandakan bahwa kualitas keagamaan masyarakat di Kabupaten Karanganyar sudah baik.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad saat penyembelihan hewan qurban di Masjid Agung Kabupaten Karanganyar, (1/9). Kepala Kemenag bersama Kasi Bimas Islam, H. Yusuf dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Museri melaksanakan shalat Idul Adha di Alun-alun Kabupaten untuk kemudian memantau prosesi penyembelihan hewan qurban di halaman Masjid Agung.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kemenag juga mengatakan bahwa jumlah hewan qurban yang disembelih di tahun 2017 ini meningkat dari tahun sebelumnya, padahal data yang dihimpun oleh para penyuluh Agama di desa dan kecamatan masih data awal, dan data itu kemungkinan akan terus meningkat seiring pembaharuan informasi.

“Data awal yang kami miliki, pada tahun 2017 ada 14874 hewan qurban yang disembelih, terdiri dari 4866 sapi dan 1008 kambing. Sedangkan tahun lalu ada 13.342 hewan qurban yang disembelih pada 177 Desa/Kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar,” tambah Musta’in.

Sementara itu, penyembelihan hewan qurban di Masjid Agung Kabupaten Karanganyar terdiri dari lima ekor sapi dan satu ekor kambing. Kelima ekor sapi itu disumbang oleh Bupati Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar, Kantor Kementerian Agama, Baznas dan Bank Daerah Kabupaten Karanganyar. Dan satu ekor kambing disumbang oleh anggota TNI Kabupaten Karanganyar.

Disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggaraan Hewan Qurban Masjid Agung, Sukinto menyatakan bahwa daging yang sudah disembelih akan dibagikan ke 2.023 calon penerima. Ribuan calon penerima itu berasal dari jamaah masjid, panti asuhan pondok pesantren, lingkungan RT/RW dan lain sebagainya.

Pemotongan hewan dan daging kurban di Masjid Agung dilakukan oleh tim ahli jagal sapi dan pegawai Kementerian Agama bersama pegawai Pemkab Karanganyar. Pemotongan dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 11.00 WIB. (ida-hd/wul)