1500 peserta ikuti upacara HAB Kemenag

Rembang — Ribuan peserta memadati  sepanjang  jalan sebelah timur alun-alun. Sementara ratusan tamu undangan tampak duduk di tribun. Mereka tengah mengikuti upacara bendera yang digelar dalam rangka Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama tingkat Kabupaten Rembang yang diadakan di alun-alun Rembang, Kamis (3/1/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz. Bupati menyampaikan amanat Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin. Sementara doa dibacakan langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho'illah.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan tujuan berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga, memelihara, dan meningkatkan kualitas pendidikan yang kian naik peringkat. Di samping itu juga menjaga kerukunan umat agar menjadi kian erat.

Karena itu, dalam upacara ini, Kankemenag Kabupaten Rembang mengundang sejumlah tokoh lintas agama. Atho'illah mengungkapkan, memasuki puncak peringatan HAB ini, keberadaan Kementerian Agama harus semakin terasah di tengah-tengah masyarakat, termasuk dalam hal menjaga kerukunan umat. “Kita selalu mengingatkan masyarakat untuk menjaga kerukunan, menjauhi sikap permusuhan, menjauhi ujaran kebencian, dan tidak terpengaruh berita-berita hoax yang dapat memecah belah bangsa,” ungkap Atho'illah.

Hal tersebut, lanjut Atho'illah, selaras dengan himbauan Menteri Agama dan Kakanwil Kemenag Jateng, agar masyarakat menghindari ujaran kebencian dan hoax. 

Upacara ini dihadiri oleh segenap ASN Kankemenag Kabupaten Rembang dan guru-guru swasta di madrasah. Selain itu juga guru PAI, tamu undangan Forkompinda, Kepala Dinas terkait, dan organisasi yang berpusat pada Kementerian Agama, seperti FKDT, FKPP, serta organisasi kemasyarakatan dan keagamaan lainnya. –iq/bd