20 Peserta Mengikuti Ujian Petugas Haji Kebumen

Kebumen-Sebanyak 20 peserta dari Kebumen mengikuti ujian petugas haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Jumat (28/4). Ujian dilaksanakan di Aula Gedung Haji Kabupaten Kebumen mulai pukul 8 sampai menjelang siang.

Menurut keterangan dari  Kasi PHU H Nasir, 20 peserta yang mengikuti tersebut terdiri dari unsur KUA, Pegawai Kankemenag Kebumen, Pengawas dan Guru. Adapun rinciannya 10 peserta untuk TPHI, 9 peserta untuk TPIHI dan 1 peserta untuk PPIH Arab Saudi.

Lebih lanjut dia berharap  dengan pelaksanaan ujian ini akan menghasilkan petugas yang berkualitas dan berorientasi pada pelayanan. “Saya berharap petugas haji tahun ini adalah petugas yang berkualitas dan berorientasi pada pelayanan jamaah haji,” paparnya.

Sementara itu materi soal yang harus ditempuh oleh peserta terdiri dari tes tertulis dan tes wawancara, dengan prosentase nilai untuk tes tertulis 60 % dan tes wawancara 40%.

Untuk materi soal tertulis langsung dikirim dari Dirjen PHU melalui Kanwil dan didistribusikan melalui pos per Karesidenan. “ Soal untuk wilayah Kedu diambil di Magelang pukul 04.30 WIB tadi pagi,” kata Nasir. Kemudian soal wawancara meliputi leadership, regulasi haji dan manasik haji dengan 3 tim penguji diantaranya H Imam Tobroni, HA Nasihudin, dan H Abdusshomad.

Menurut Nasir peserta yang nanti lulus akan mengikuti tahapan ujian lagi di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 10 Mei 2017. Sementara ini masih menunggu pengumuman hasil peserta yang akan di luluskan oleh tim penguji pada tanggal 4 Mei.(pt)