21 Peserta Ikuti Ujian Seleksi Petugas Haji 2018

Kebumen – Sebanyak 21 orang mengikuti ujian seleksi petugas Haji tahun 2018 di Aula Kankemenag Kabupaten Kebumen, Kamis (29/3). Beberapa peserta diantaranya terlihat pernah mengikuti seleksi pada tahun sebelumnya, namun saat itu keberuntungan belum berpihak kepada mereka.

Disaksikan Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen H Imam Tobroni, naskah soal yang baru sampai di tangan panitia pada pukul 07.50 WIB saat pelaksanaan dibagikan oleh Panitia kepada seluruh peserta test yang datang tepat waktu. Sebelumnya pengambilan naskah soal ujian seleksi petugas Haji di laksanakan pada beberapa jam sebelum ujian dimulai pada pukul 08.00 WIB di Kankemenag Kota Magelang, karena soal dibagi per karesisdenan.  “Hal ini untuk menjaga kerahasiaan soal ujian agar tidak sampai bocor,” kata salah satu panitia.

Kepala Kantor H Imam Tobroni saat membuka pelaksanaan ujian menyampaikan pesan kepada seluruh peserta supaya mengerjakan soal dengan teliti dan seksama, karena waktu mengerjakan soal tidak terlalu lama seperti tahun kemarin. “Kami berharap agar pengerjaan soal tidak terburu-buru, teliti dengan seksama,"ucapnya.

Perbedaan yang lain adalah dengan tidak adanya test wawancara seperti tahun sebelumnya, hal ini disampaikan oleh salah satu panitia ujian seleksi petugas Haji tahun 2018 tersebut.

21 peserta yang mengikuti ujian terbagi atas 9 TPIHI, 12 orang TPHI dan 1 orang PPIH Arab Saudi. Enam orang diantaranya akan dinyatakan lulus dan akan diseleksi pada tingkat selanjutnya di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Seluruh keputusan kelulusan peserta sebagai petugas Haji tahun 2018 ini akan dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, kecuali peserta yang mengikuti seleksi untuk petugas haji PPIH Arab Saudi. Hasil keputusan untuk seleksi PPIH Arab Saudi akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama Pusat.(pt/rf)