217 Siswa MTs ikuti KSM dan AKSIOMA di MTsN Bendosari

Sukoharjo – Sebanyak  217 siswa siswi MTs Negeri/Swasta se Kab. Sukoharjo mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kreasi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Tingkat Madrasah Tsanawiyah yang digelar di MTs Negeri Bendosari Kab. Sukoharjo pada Selasa (14/03). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Kementerian Agama sebagai proses seleksi para peserta sebelum tampil di ajang yang sama di Tingkat Provinsi. Acara  ini diselenggarakan oleh K3MTs  Sukoharjo

Ketua Panitia KSM & AKSIOMA Kabupaten Sukoharjo, Bambang Trianggono, mengatakan para peserta merupakan murid kelas VII dan VIII. Mereka berasal dari tiga MTs Negeri dan 14 MTs Swata. Ada tujuh Cabang Seni dan Olah raga Putra/Putri yang di perlombakan dalam AKSIOMA meliputi Pidato Bahasa Arab, MTQ, Kaligrafi, Tahfidz, Hadrah, Tenis Meja dan Badminton, sedangkan KSM ada tiga mapel yang dilombakan yakni Matematika, IPA Fisika dan IPA Biologi.

“Ttujuan dari kegiatan ini  adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah serta membangun citra Madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas”, terang Bambang. Ini sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “ Sehat, Unggul dan Berdaya Saing Global”.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Kepala Kankemenag Kab. Sukoharjo Masdiro, dalam sambutan singkatnya beliau mengatakan KSM & AKSIOMA ini disamping sebagai ajang kompetisi juga sebagai ajang silaturrahmi antar Madrasah Tsanawiyah se- Kab. Sukoharjo.

Kegiatan ini berlangsung sehari , Panitia langsung mengumumkan pemenang dari semua cabang lomba dan langsung diberi trophy serta hadiah sebagai penghargaan. Sebagai tuan rumah, Supriyani Kepala MTs Negeri Bendosari bersyukur karena kegiatan ini telah berlangsung sukses dan lancar serta berterima kasih kepada anak didiknya yang mampu menyabet 6 trophy , Inayah juara 3 cabang Pidato Bahasa Arab Putri , Althof /Salma juara 2 MTQ Putra/Putri , Muh.Naim/Yunita juara 2 Kaligrafi Putra/Putri dan Hadrah Putra juara 3. Sementara MTs PPMI As Salam memboyong trophy terbanyak yaitu 12 trophy dari semua cabang kecuali Kaligrafi.(jk-djp/Wul)