22 ASN Kemenag Kebumen Ikuti Seleksi Petugas Haji 2019

Kebumen-Sebanyak 22 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengikuti seleksi tertulis di aula setempat (25/02) untuk mengisi tiga formasi yang ditawarkan, diantaranya TPHI (Tim Pembimbing Haji Indonesia), TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) dan PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi. Dan kuota dari masing-masing Formasi akan diambil 3 orang TPHI, 2 orang TPIHI dan 1 orang PPIH Arab Saudi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk ujian wawancara kali ini tidak ada  dalam agenda seleksi di Kemenag Kabupaten/Kota. Menurut Ketua Panitia, Azam Sukri karena juknis dari Pusat memang tidak ada. 

“Untuk tes wawancara nanti pelaksanaannya di Kanwil Kemenag Provinsi Jateng,” ucapnya.

Tim dari Inspektorat Jenderal juga ikut secara langsung mengawasi seleksi petugas haji tersebut, bahkan mereka mendampingi dari awal sampai akhir pelaksanaan seleksi. Tim Itjen yang dipimpin oleh Siti Farida beserta dua orang lainnya selain meneliti berkas seleksi juga sempat ikut menyaksikan penyerahan soal yang masih dalam keadaan disegel sampai pemusnahannya.

Kepala Kantor Kemenag Kebumen melalui Kasubbag TU menyampaikan pesan kepada peserta agar ujian bisa dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, karena sifatnya ikhtiar maka hasilnya diserahkan kepada Alloh SWT. “Silahkan ujian dilaksankan dengan penuh tanggung jawab, pagi ini sifatnya adalah ikhtiar, adapun hasilnya kita serahkan kepada Alloh,” tuturnya saat pembukaan.

Dia juga berpesan jika berhasil lulus nanti supaya tetap menjaga kesehatannya. “Jangan lupa jaga kesehatan bagi yang nanti lulus karena kesehatan tetap menjadi prioritas utama bagi seorang petugas haji untuk bisa melayani jamaah disana nanti,” pintanya.

Menurut Ketua Panitia, pengumuman seleksi bisa langsung diketahui sehari setelah pelaksanaan ujian setelah panitia mengkoreksi seluruh hasil tes para peserta di Kankemenag Kebumen.

Seluruh naskah soal yang telah diujikan langsung dimusnahkan oleh Panitia disaksikan oleh Tim dari Inspektorat Jenderal Kemenag RI pada hari itu juga di halaman Kantor Kemenag Kebumen.(pt/wul)