285 Calon Pendaftar Ikuti Sosialisasi PPDB MIN 1 Banyumas

PURWOKERTO – Sebanyak 285 orang tua calon pendaftar penerimaan peserta didik baru mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan oleh MIN 1 Banyumas, sabtu (10/3) di aula kelurahan Purwokerto Wetan. Ketua penyelenggara, Dadang Marseno menjelaskan kegiatan sosialisasi diselenggarakan lebih awal karena makin banyaknya masyarakat yang menanyakan informasi PPDB kepada MIN. "banyak yang tanya tentang kapan dan persyaratan PPDB tahun pelajaran 2018/2019, sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan sosialisasi" ujar Dadang.

Tingginya animo masyarakat Purwokerto dan sekitarnya yang ingin menyekolahkan putra putrinya di MIN 1 Banyumas disambut gembira oleh ketua komite madrasah, Masyhuri. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan kebanggaannya kepada madrasah dan berterima kasih kepada masyarakat atas antusiasnya menyekolahkan anaknya di MIN. "Saya sangat bangga pada MIN dan masyarakat yang sangat antusias menyekolahkan putra putrinya. Semoga putra putri bapak ibu semua menjadi orang yang sukses karena bersekolah di sini (MIN-red)" harap Masyhuri.

Menurut Masyhuri, kunci keberhasilan untuk hidup sukses ada tiga yaitu taat, ibadat, dan amanat. Taat artinya patuh terhadap aturan yang berlaku dan disiplin menghargai waktu. Jika siswa patuh kepada guru dan aturan madrasah serta menggunakan waktu belajar di madrasah sebaik-baiknya maka ia akan mendapatkan ilmu menuju kesuksesan. Ibadat asal kata dari ibadah yang artinya mengabdi. Sebagai makhluk Allah swt maka kita harus beribadah kepada-Nya dengan shalat lima waktu dan sebagainya sesuai syari'at ajar Islam. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mengabdi kepada bangsa dan negara. Salah satunya dengan menyekolahkan putra-putri kita dalam ikut serta menuntaskan program wajib belajar. Yang ketiga adalah amanat yang artinya jujur. Jujur di dalam hati, niat selalu baik. Jujur dalam ucapan, lurus, tidak mencla mencle, dan tidak berbohong, Sedangkan jujur dalam perbuatan dibuktikan dengan melaksanakan segala tugas dan kewajiban dengan benar.

Kepala MIN 1 Banyumas, Sabar Munanto berharap kepada orang tua calon pendaftar untuk dapat mendukung semua program pengembangan madrasah. Kepada yang nantinya diterima, maka kami berharap bapak ibu dapat bergabung dengan Paguyuban Orang Tua Murid dan Guru MIN 1 Banyumas, yang telah bersepakat sejak dulu untuk mendukung program-program pengembangan madrasah. Termasuk program pengembangan yang tidak dibiayai dari APBN maupun APBD seperti pembangunan asrama, masjid dan pelaksanaan asrama siswa kelas 6.

Sementara itu, staf TU MIN 1 Banyumas, Aji Kuswanto menjelaskan bahwa kegiatan PPDB akan dilaksanakan pada tanggal 16, 17, dan 18 April 2018 di kampus baru madrasah, Jalan Supriyadi Purwokerto Wetan. Para pendaftar cukup mengisi formulir pendaftaran dilampiri dengan pas photo 3 x 4 berwarna satu lembar, fotokopi akte kelahiran dan Kartu Keluarga masing-masing satu lembar.

Karena jumlah pendaftar lebih banyak daripada kuota siswa yang diterima maka akan dilaksanakan seleksi pada empat aspek, yaitu usia calon peserta didik, sikap dan ketrampilan calon peserta didik, dukungan orang tua dan potensi lokal. Batasan usia yang dapat diterima adalah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli 2018. Apabila kurang dari enam tahun dapat diterima dengan membawa surat keterangan dari psikolog.

"Yang kami terima hanya 120, oleh karenanya orang tua harus sejak dini menyiapkan mental baik diri sendiri maupun anaknya agar siap menerima keputusan panitia jika tidak diterima." ujar Aji. Panitia akan bekerja secara objektif, transparan, independen dan tidak akan terpengaruh oleh pihak manapun. Selama proses PPDB, pendaftar tidak dipungut biaya apapun juga. (ak/bd)