296 Siswa Baru MTsN 1 Rembang Ikuti Matsama

MTsN 1 Rembang – Sebagai awal tahun pembelajaran  2021/2022, MTs Negeri 1 Rembang menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) pada Senin, 12 Juli 2021. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru tersebut dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi google meet dan disiarkan live streaming di kanal Youtube.

Matsama yang selalu menjadi agenda rutin madrasah pada setiap tahunnya bertujuan mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada peserta didik baru. Sehingga nantinya, selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

Pelaksanaan Matsama di MTs Negeri 1 Rembang dilaksanakan mulai tanggal 12-14 Juli 2021. Kegiatan ini diikuti sebanyak 296 peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus pada tahapan PPDB. Kegiatan yang biasa dilaksanakan dengan tatap muka tersebut berlangsung secara virtual daring dengan peserta didik mengikuti kegiatan dari rumah masing-masing.

Acara pembukaan dihadiri oleh kepala MTs Negeri 1 Rembang Imam Suyono didampingi oleh Wakil Kepala (Waka) Bidang Kesiswaan Imam Rusmanto, Waka Bidang Kurikulum Sudaryo,  Waka Bidang Humas Bashori, Waka Bidang Sarana dan Prasarana Afif Luthfi, serta Kepala Tata Usaha Dwi Nanik Ruhana.

Imam Suyono dalam sambutannya mengatakan, siswa baru yang berjumlah 296 tetap harus mengikuti kegiatan Matsama selama 3 hari mulai tanggal 12 Juli – 14 Juli 2021. Ia menyampaikan agar peserta didik baru mengikuti kegiatan Matsama dengan sungguh-sungguh. Tak lupa pula beliau berpesan kepada orangtua yang juga turut mendampingi putra/putrinya dalam kegiatan Matsama agar mengawasi anaknya dalam penggunaan handphone.

“Harapan saya agar siswa baru lebih mengurangi bermain HP terutama game online dan aplikasi lainnya yang tidak bermanfaat, karena itu adalah salah satu penyebab malasnya belajar,” tuturnya.

Sebagai penutup, Ketua Panitia Matsama 2021 Imam Rusmanto, mengucapkan terimakasih kepada pengurus OSIS atas doanya, dukungan guru yang sangat mendukung penuh terlaksananya acara ini. Kemudian juga ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada peserta didik baru atas perhatian dan antusiasnya mengikuti acara ini. (bd/iq)