337 Calon Jamaah Haji Kabupaten Temanggung Kloter 14 Diberangkatkan

Temanggung – Sebanyak 337 calon jamaah haji kelompok terbang 14 asal Kabupaten Temanggung  diberangkatkan  dan di lepas oleh Bupati Temanggung dari Pendopo Pengayoman Temanggung ke asrama Donohudan Solo Jawa Tengah, Senin (31/7/2017).

Jamaah yang tergabung dalam kelompok penerbangan atau kloter 14 rencananya akan terbang ke tanah suci pada hari Selasa tanggal 1 Agustus  besok. Data jamaah haji asal Temanggung  tahun 2017 ini berjumlah 568 orang yang terbagi menjadi 3 kloter, kloter 14 jumlah 354 orang, kloter 61 berjumlah 77 orang bergabung dengan Kabupaten Purworejo, kloter 62 berjumlah 137 orang bergabung dengan Kabupaten Wonosobo. Seharusnya kloter 14 jumlah calon jamaah haji ada 354 orang namun karena ada beberapa visa yang belum jadi sampai hari ini maka calon jamaah haji yang diberangkatkan hari ini baru 337 orang, ujar Kasi PHU Widagdo disela-sela pemberangkatan calon jamaah haji.

Acara pemberangakatan diawali adzan dan doa  dilanjutkan pengibasan bendera oleh Bupati disaksikan pejabat  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan pejabat tekait.

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Temanggung, Fajar Pramudito  menjelaskan, pemberangkatan jamaah calon haji terbagi dalam 3 kloter yaitu kloter 14, kloter 61 dan kloter 62. Secara keseluruhan jumlah calon haji Kabupaten Temanggung tahun 2017 sebanyak 568 orang. Diutarakan, para jamaah calon haji selepas dari Pendopo Pengayoman langsung menuju asrama haji Donohudan Surakarta untuk menjalani serangkaian persiapan seperti pemeriksaan kesehatan, suntik vaksin meningitis dan pembagian  living cost. Setelah istirahat sehari semalam, para jamaah kemudian diberangkatkan ke tanah suci Makkah melalui embarkasi bandara Adi Sumarmo Surakarta.

Dia menambahkan, insya Allah jama’ah calon haji lancar dalam melaksakan seluruh rangkaian ibadah haji,  karena telah mendapat bimbingan manasik haji baik  teori maupun praktek. Bimbingan manasik selain diberikan Kantor Kementerian Agama, juga dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Babussalam, KBIH Roudhoh dan Ikatakan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).

Sementara itu beberapa hari sebelumnya pada acara pelepasan haji di Pendopo Pengayoman, Bupati Bambang Sukarno  berpesan agar dalam melaksanakan ibadah hendaklah berhati-hati dalam mengatasi segala persoalan. Dengan demikian tidak terjadi sesuatu yang dapat membatalkan pahala ibadah haji.

Disetiap tahunnya pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan agar perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu juga mengharapkan kepada para jamaah agar mendoakan untuk kebaikan dan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Temanggung.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Temanggung saya mendoakan semoga seluruh jamaah calon haji senantiasa  diberikan perlindungan dan kemudahan oleh Allah Swt dalam beribadah haji, sehingga  lancar dan mendapat predikat haji mabrur,” ujarnya.(sr/Af)