4 jemaah haji SOC 62 telah teridentifikasi

Boyolali – Kembali rilis korban musibah Mina disiarkan kepada media siang ini (02/10) oleh Kepala Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat, berdasarkan update terbaru menyebutkan bahwa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi berhasil mengidentifikasi 31 jamaah haji Indonesia korban wafat pada peristiwa Mina yang terjadi pada Kamis (24/09). Selain itu, PPIH juga berhasil mengidentifikasi 1 lagi WNI mukimin di Arab Saudi yang wafat pada peristiwa Mina.

Pada rilis sebelumnya, tercatat 59 orang wafat, terdiri dari 55 orang jemaah haji Indonesia dan 4 orang WNI. “Dengan berhasil teridentifikasinya 31 jemaah haji Indonesia maka sampai dengan hari ini, total yang wafat berjumlah 91 orang, terdiri dari 86 jamaah haji Indonesia dan 5 WNI yang mukim di Arab Saudi,” terang Arsyad Hidayat, Jeddah, Jumat (02/10).

Menurut data ke-31 jemaah yang baru teridentifikasi ada 4 nama yang merupakan Jemaah haji Debarkasi Solo. Ke-4 jemaah haji tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 62 yang sejak kejadian musibah Mina (24/09) dinyatakan belum kembali ke maktab.

Berikut nama-nama jemaah haji SOC 62 yang telah teridentifikasi :

1. Khafsoh Maktub Ilyas, Perempuan, 45 th; 2. Rita Saadah Sahuddin, Perempuan, 48 th; 3. Suimah Khasan Kusman, Perempuan, 64 th; dan 4. Hadi Murti Wibisono, Laki-laki, 82 th. Dengan teridentifikasi 4 jemaah haji SOC 62 dalam musibah Mina berarti masih tersisa 2 jemaah yang belum kembali ke maktab, yakni : Soegeng Triyanto, Laki-laki, 58 th dan Ahmat Khalimin Sambudi, Laki-laki, 49 th.

Sedangkan Kadaker Mekkah dalam rilisnya menyampaikan bahwa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan terus berupaya mencari jemaah haji Indonesia yang sampai dengan saat ini belum kembali ke maktab semenjak musibah Mina terjadi.

“Kami akan terus berupaya mencari jemaah haji yang masih belum diketemukan sampai dengan saat ini dan segera akan merilisnya dalam waktu sesegera mungkin untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi keluarga, kerabat, dan seluruh masyarakat Indonesia,” terang Arsyad.

Kedatangan Jemaah Haji

Sampai dengan saat ini (02/10) kedatangan jemaaah haji masuk Debarkasi Solo sebanyak 10 kloter berjumlah 3,543 orang, sedangkan jemaah masih dirawat di RS. Moewardi karena alasan kesehatan sebanyak 7 orang dan untuk jemaah wafat di tanah suci sebanyak 50 orang. (gt)