40 Guru Agama Katolik mengikuti Orientasi KURTILAS

Cilacap – Sebanyak 40 guru agama Katolik pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Rabu hingga Jumat (4-6/11) mengikuti Orientasi Pemantapan Kurikulum 2013 di Gereja Katolik Santo Stephanus Jl A Yani No 23 Cilacap.

Penyelenggara Katolik Kemenag Cilacap selaku ketua kegiatan, Yusup Adi Prajoko mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan spiritual dalam menjalankan tugas pewartaan. Di samping agar memiliki administrasi, mereka juga harus memiliki kemampuan teknis dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai tuntutan Kurikulum 2013.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama melalui Kasubbag Tata Usaha, Jasmin menegaskan, bahwa guru agama Katolik harus mampu bersaing dan sejajar dengan guru-guru agama lain. Harapannya adalah bahwa terjadi pemerataan kemampuan dalam pelayanan pendidikan agama.

”Pendidikan karakter yang akhir-akhir ini digembor-gemborkan akan bisa mengatasi krisis moral bangsa harus bisa direalisasikan. Karenanya guru pendidikan agama harus betul-betul menguasai dan mampu menjadi pembawa visi misi pendidikan karakter,” ucap Jasmin.

Pembobotan

Ditegaskan Yusup Adi Prajoko bahwa selama tiga hari kegiatan, para peserta dibimbing dan dipandu langsung oleh guru senior yang sudah berpengalaman. Peserta yang terbagi menjadi delapan diskusi membahas hal-hal yang belum dipahami masing-masing.

Setelah memahami materi, tiap kelompok membuat menyusun administrasi guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Skenario suksesnya pembelajaran di kelas bisa diketahui melalui administrasi yang disusun tiap guru. Oleh sebab itu, penguasaan administrasi guru dipilih sebagai materi utama pada kegiatan tersebut. (Budiono)