50 peserta ikuti Sosialisasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam

 

Purwokerto – Seksi PAIS Kankemenag Banyumas melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Education Management Information System (EMIS) dan SIMPATIKA, bertempat di d’Garden hall & resto Purwokerto hari Selasa (14/02). Acara yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bambang Sucipto, dihadiri Kasi PAIS  Purwanto Hendro Puspito, Kasi Penma Ibnu Asaddudin, Pengawas PAI, Ketua KKG/MGMP dan Operator EMIS/SIMPATIKA se Kabupaten Banyumas.

Dalam laporannya, Hendro menyampaikan bahwa setiap guru PAI, Pengawas, FKG, KKG, MGMP dan Pokjawas wajib melaporkan data detail masing-masing, termasuk data siswa, data pendidik, dan data tenaga kependidikan entry by name by address, melalui aplikasi EMIS dan SIMPATIKA yang berbasis web. Yang harus diperhatikan adalah data tersebut dimasukkan secara lengkap, akurat, dan tepat waktu sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dalam sambutannya Kepala Kemenag menghimbau agar para peserta bisa mengikuti sosialisasi dengan sungguh-sungguh, menyimak dengan baik serta mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di masing-masing lembaga yang diwakili. “Data pendidikan Islam yang dijaring melalui aplikasi Pendataan EMIS dan SIMPATIKA akan menjadi acuan di dalam perencanaan program, evaluasi, dan penyusunan anggaran. Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini semoga bisa memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas data dan informasi pendidikan Islam di lingkup Direktorat Jenderal Pendidikan Islam”.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Kasubbag TU, Kasi Penmad dan Operator EMIS dan Simpatika Kabupaten. Sosialisasi diikuti 50 peserta yang terdiri dari unsur Pengawas PAI, MGMP PAI SMA, MGMP PAI SMK, MGMP PAI SMP Kabupaten, MGMP PAI SMP Rayon/ eks Kawedanan, KKG PAI SD Kabupaten, KKG PAI SD Kecamatan, dan FKG PAI TK Kabupaten.(bms/bd)