51 Peserta Ikuti Pelatihan RKAM

Rembang – Sebagai persiapan Bimbingan Teknik yang diadakan oleh Kemenag RI dalam pengisian Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (eRKAM), Kelompok Kerja Madrasah MTs menggelar pelatihan pengisian EDM eRKAM pada Selasa (28/9/2021) di MTs  Mualimin Mualimat Rembang.

Pelatihan yang diikuti oleh 51 peserta dari madrasah ini dibuka oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah. Dalam sambutan pembukaannya, Fatah mengatakan, aplikasi EDM eRKAM ini merupakan inovasi di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan terhadap civitas madrasah, baik guru, karyawan dan siswa.

Fatah mengatakan, Evaluasi Diri Madrasah (EDM) perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan kualitas madrasah. “EDM dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan madrasah. Lantas menjadi acuan untuk menyusun program ke depan agar kualias madrasah bisa meningkat,” kata Fatah.

Fatah juga menandaskan, pengelolaan BOS harus dilakukan secara transparan oleh madrasah. Tujuannya untuk mnejaga kepercayaan publik dan menjaga pembelajaan BOS dari koridor aturan yang berlaku.

Tim e-RKAM Kabupaten Rembang, Chaizatul Chasanah mengatakan, peserta kegiatan adalah yang belum mengikuti pelatihan EDM e-RKAM yang digelar oleh Kemenag Pusat. “Ini pelatihan mengisi RKAM secara manual melalui excel. Nantinya akan digunakan untuk pengisian RKAM secara online,” kata Chaiza.

Sementara e-RKAM merupakan aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan keuangan madrasah mulai dari proses perencanaan penganggaran, penatausahaan dan pelaporan yang dapat diakses baik secara online maupun semi online.

“e-RKAM ini memiliki sistem informasi keuangan madrasah yang terintegrasi mulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat,” katanya.

Dengan penerapan e-RKAM, madrasah diharapkan mampu menghasilkan informasi keuangan berupa dokumen perencanaan, penatausahaan dan pelaporan yang akurat, tepat waktu, akuntabel, transparan, efisien dan efektif.

“Dari data di e-RKAM, akan bisa diambil keputusan bagi madrasah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan pendidikan di madrasah,” jelas Chaiza. — iq