53 % Calhaj Kabupaten Wonogiri Lunasi BPIH

Wonogiri – Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Wonogiri, H. Ali Yatiman menyampaikan bahwa sampai hari ini, Selasa (18/4) sudah sekitar 201 calhaj dari Kabupaten Wonogiri atau 53 % sudah melunasi BPIH dari jumlah seluruhnya 377 calhaj untuk tahun ini.

Sedangkan untuk proses pengurusan paspor calhaj menurut Ali Yatiman sudah selesai 100 persen, seperti di ketahui setelah terbitnya Keputusan Menteri Agama Nomor 197 tahun 2017 tentang Pembayaran BPIH Reguler langsung disambut dengan menyampaikan informasi ini kepada Calon Haji yang masuk nominasi berangkat pada tahun ini. Hari pertama Senin, (10/04) Calon Jemaah Haji (Calhaj) mulai melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di sejumlah Bank Penerima Setoran BPIH.

Sedangkan sesuai juklak Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Jemaah haji dapat melunasi BPIH dalam dua tahap yang telah terjadwal. Tahap 1 mulai 10 April sampai dengan 5 Mei 2017 sedangkan tahap kedua diawali 22 Mei hingga 2 Juni 2017.

Di temui di Ruang kerjanya, Selasa (18/04) Kasi Gara Hajum, Ali Yatiman menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji merupakan salah satu program prioritas pembangunan bidang agama dan sering kali diposisikan sebagai salah satu indikator kunci kinerja Kementerian Agama.

Penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, namun demikian disadari bahwa peningkatan tersebut belum signifikan, sehingga masih perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan lebih lanjut.

“Kepada jemaah calon haji yang akan berangkat tahun ini, agar benar-benar memperhatikan, mempersiapkan, melengkapi persyaratan pelunasan, menjaga kondisi kesehatan dan terus menambah ilmu manasik haji,” pesannya.

Ada beberapa hal yang perlu di persiapan oleh calon jama’ah haji yang akan berangkat tahun ini untuk meluruskan niat karena Allah SWT semata, memahami ilmu manasik sehingga calhaj harus belajar manasik mulai dari rukun dan syarat, tatacara ibadah hingga hikmah-hikmahnya, persiapan fisik dan mental dengan cara menjaga kesehatan dan memperbanyak olahraga dan perbanyak doa dan membersihkan diri semua di landasi dengan kesabaran dan keikhlasan. (Mursyid __Heri/Wul)