568 Calon Jamaah Haji Ikuti Praktek Manasik Haji

Temanggung – Sejumlah 568 Jamaah Calon Haji Kabupaten Temanggung  mengikuti praktek manasik massal mengakhiri kegiatan manasik yang diselenggarakan di KUA Kecamatan sebanyak 6 kali tatap muka dan 2 kali di tingkat Kabupaten.

Para Calon Jamaah Haji (CHJ) Kabupaten Temanggung mengikuti praktek manasik haji dengan menggunakan miniatur Kabah. Manasik haji itu  digelar oleh Kepala Seksi Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Senin (17/7/2017). Kegiatan praktek manasik haji itu dilaksanakan di IPHI Kabupaten Temanggung.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Saefudin, dalam sambutan pengarahan mengatakan bahwa praktek manasik secara massal diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemahaman yang jelas tentang prosesi haji dan umrah serta pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. “Kalau selama ini materi-materi manasik telah disampaikan dalam pembelajaran di kelas dengan teori, maka dengan praktek secara langsung di lapangan jamaah calon haji akan lebih memahami bagaimana cara-cara thawaf, sa’i, saat wukuf di Arafah, saat melempar jumrah, serta pelaksanaan wajib, dan rukun haji lainnya, untuk itu manfaatkan latihan ini dengan sebaik-baiknya”. tegasnya

Drs. MA. Widagdo selaku Kasi PHU menjelaskan pelaksanaan praktek manasik  haji  menggunakan miniator kabah bertujuan agar para peserta manasik haji lebih memahami dan langsung praktek sehingga  mereka khusuk.

“Kita melakukan praktek manasik haji dengan menggunakan miniatur kabah,” ujar Saefudin. Menurutnya materi yang akan di berikan kepada para CHJ adalah tentang tawaf, Sai, lempar jumroh. Dimana tawaf itu adalah mengelilingi kabah sebanyak 7 kali.

Saefudin  mengatakan jika tawaf atau lari-lari kecil mengelilingi kabah itu adalah rukun haji. Selain itu para CJH juga mendapat pengetahuan mengenai tempat-tempat yang mustajab berdoa ketika berada di ka’bah di antaranya di pintu ka’bah atau Multazam, hijir ismail, makam Ibrahim dan juga hajar aswad.

Sementara itu para peserta manasik haji tampak menerima dengan baik setiap materi yang di berikan.(sr/Af)