68 PNS K2 Kemenag Klaten Disumpah

Klaten РKantor Kementerian Agama Kabupaten Kabupaten Klaten melaksanakan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada 68 orang PNS dari K2 dilingkungan Kemenag Klaten yang bertempat di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Selasa (15/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif dalam pembinaannya mengatakan dalam peraturan pemerintah No. 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil sudah diatur bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil harus diambil sumpahnya, kemudian sumpah itu harus diwujudkan dalam pelaksanaan tugasnya.

“Baru beberapa menit yang lalu Bapak/Ibu PNS diambil sumpah, sumpah yang diucapkan itu selain disaksikan oleh kita yang hadir, juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, jadi laksanakanlah sumpah dan janji yang Bapak/Ibu telah diucapkan,” tegasnya.

Kakankemenag menekankan bahwa pengambilan sumpah PNS ini bukan hanya sebatas seremonial, namun memiliki makna yaitu kewajiban bagi para PNS untuk mentaati segala peraturan dan menjauhi segala larangan dalam menjalankan tugas sehari-hari sehingga kata-kata sumpah yang diucapkan dapat diimplementasikan dalam menjalankan amanah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Urgensi seorang pegawai Kemenag antara lain, bagi Pegawai Negeri Sipil perlu ditanamkan niat yang lurus dan berkomitmen untuk mementingkan kepentingan Negara diatas kepentingan pribadi atau golongan sesuai dengan sumpah yang dibuat. Kewajiban untuk mengabdi kepada negara secara penuh seiring dengan hak yang akan didapatkan di Kemenag, dan mentaati aturan diantaranya kedisiplinan,” kata Masmin

Lebih lanjut, ia mengharapkan kebersamaan selalu terjalin dengan baik dan jangan ada pembeda atau timbul sifat angkuh dan sombong dalam pergaulan di tempat kerja, masyarakat maupun dalam rumah tangga karena merasa memiliki penghasilan dan status sebagai PNS.

Dalam membangun karakter PNS dilingkungan Kemenag Klaten dengan melaksanakan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yaitu: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan. Untuk itu, ia berharap kepada para pegawai yang diambil sumpahnya pada hari ini untuk dapat menjadi Pegawai Kantor Kemenag Klaten yang terbaik untuk bersama-sama membangun kinerja Kantor Kemenag Klaten yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Sementara itu Anton Harsiantoro JFU pengadministrasi di Kemenag Klaten mengatakan akan melaksanakan amanah yang dipercayakan kepadanya sesuai dengan sumpah jabatan yang diucapkan. “Saya merasa sangat senang sudah menjadi PNS 100%, dan saya akan melaksanakan amanah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.(aj/Wul)