771 Jemaah Haji Dari Boyolali Utuh Sampai di Tanah Air

Boyolali (humas) – Sebanyak 771 jamaah haji yang berasal dari kabupaten boyolali tiba di tanah air dengan utuh. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Nurudin, pada acara mangayubagyo Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Boyolali Tahun 2018.

Dalam Acara yang dilaksanakan pada Selasa, (02/10) tersebut Nurudin melaporkan bahwa sejatinya jamaah haji dari kabupaten Boyolali seluruhnya berjumlah 773 orang. Namun sebelum keberangkatan terdapat 2 jamaah haji yang tidak bisa diberangkatkan karena meninggal dunia. Sehingga pada tahun 2018 ini Kabupaten Boyolali memberangkatkan 771 jamaah haji ke tanah suci.

“ Jumlah jemaah haji yang berhak berangkat tahun 2018 ini adalah 773 orang, tetapi sebelum kebrangkatan 2 orang meninggal dunia, sehingga jamaah yang berangkat ke tanah suci berjumlah 771 orang” ungkapnya.

Selanjutnya, Nurudin menyampaikan bahwa jemaah haji yang berangkat ke tanah suci telah selesai menunaikan ibadah haji dan tiba di tanah air sejumlah 771 jamaah haji dalam 4 kloter yaitu 50, 51, 51 dan kloter 95. Tidak ada jemaah haji dari Kabupaten Boyolali yang meninggal dunia pada saat melaksanakan ibadah haji. 

“Berangkat 771, pulang 771, Alhamdulillah tidak ada yang wafat di tanah suci,” ujarnya.

Namun pada saaat tiba di bandara terdapat seorang jamaah haji yang langsung dilarikan ke Rumah sakit karena pada saat perjalanan mengalami sakit keras. Setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit, jamaah tersebut oleh tim dokter dinyatakan meninggal dunia, sehingga jamaah tersebut berhak atas asuransi jamaah haji. Untuk pengajuan klaim asurasi atas nama jamaah tersebut telah diajukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali melaui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah.

Lebih lanjut, Nurudin juga menyampaikan barang- barang milik jemaah haji baik itu perbekalan, passport, serta piagam dari garuda Indonesia telah diterimakan kepada jamaah haji. Sedangkan untuk barang sitaan dapat diambil di Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali.

“Perbekalan, passport, dan piagam telah diserahkan kepada jamaah haji, untuk barang sitaan dapat diambil di Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemang Kabupaten Boyolali,” pungkasnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Pemda Boyolali tersebut bertempat di Pendopo Ageng komplek perkantoran terpadu Kabupaten Boyolali. dihadiri oleh wakil Bupati Boyolali, Forkopinda, Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Boyolali, IPHI Kabupaten Boyolali, dan pimpinan KBIH yang ada di Kabupaten Boyolali.(jaim/rf)