Ada Fitur Baru dalam CBT UNBK 2019

Grobogan – Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah sistem baru yang telah diuji coba lewat instruksi pemerintah sejak dua tahun Terakhir. Tahun 2018, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menargetkan seluruh siswa MA, SMA dan SMK di Indonesia akan memakai sistem tersebut. Tahun 2018 pelaksanaan UNBK untuk jenjang MA,SMA,SMK dan sederajat baru mencapai 80 persen. Dan untuk mencapai target yang ditentukan MAN 1 Grobogan mengadakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Nasional (UNBKN). Simulasi tersebut  dilaksanakan mulai Senin (28/01) sampai Kamis (31/01) bertempat di empat ruang laboratorium TIK MAN 1 Grobogan.

Menurut koordinator Proktor Arif Subhan, Simulasi kali ini ada dua tujuan, bagi Protor bertujuan untuk mencoba fitur fitur baru yang terdapat dalam aplikasi UNBK 2019 yang tidak ada di UNBK 2018, diantaranya pertama, Proktor tidak perlu memasukkan password bitlocker,  kedua, Autorization tambahan pada CBT SYINC, ada password yang akan didistribusikan melalui WEB, perubahan pasword setiap kali ada patching baru, ketiga, Menu kelompok test/sesi dipilih sebelum peserta melalukan LOGIN, jika ingin login maka harus diaktifkan oleh Proktor, lalu Token setiap sesi akan diaktifkan secara bertahap dan diatur dari pusat, yang berbeda lagi dengan UNBK 2018 adalah pada UNBK 2019 ini  peserta test dapat langsung mengetahui hasil testnya setelah melakukan logout.

“Bagi proktor tujuan simulasi ini adalah untuk mencoba fitur-fitur baru yang terdapat di aplikasi UNBK 2019, yang fitur tersebut tidak ada di UNBK 2018,” jelas Arif.

Menurut Plt MAN 1 Grobogan, Ucik Rasulina, berdasarkan data nomitasi tetap, peserta ujian kelas XII tahun pelajaran 2018/2019 ada 356 siswa, yang tersebar di jurusan MIPA 181 siswa, IIS 130 siswa, IIB 25 siswa dan Ilmu-Ilmu Keagamaan berjumlah 20 siswa yang terbagi dalam tiga sesi dalam sehari, dengan empat ruang test. Dan Mata pelajaran yang diujikan Hari Senin Bahasa Indonesia, Selasa Matematika, Rabu Bahasa Inggris, dan Kamis mata pelajaran jurusan sesuai  pilihan siswa.

“Dalam simulasi UNBK ini sebagai pengenalan sistem UNBK nanti seperti apa, dan Try Out siswa dalam menghadapi soal saat UNBK sesungguhnya, serta diharapkan semua siswa dapat memahami bahwa sistem UNBK, cara login, menjawab dan tampilan jendela UNBK. Sehingga siswa pada saat UNBK sesungguhnya tidak kebingungan lagi. Dan semoga UNBK tahun 2019 nanti berjalan lancar,” pintanya.(mh-bd/gt)