ADA YANG BEDA PADA UPACARA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN DEMAK

Berita sudah OK, hanya saja peran Kemenag dalam giat tersebut tidak menonjol …

==========================================================================================

Demak – Peringatan Hari Jadi ke-515 Kabupaten Demak tahun ini nampak pemandangan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dihadiri seluruh pejabat pemerintah dan pegawai negeri sipil (PNS) mengenakan pakaian adat Demak termasuk dari Kemenag Kab. Demak, acara terselenggara di Lapangan Simpang Enam, Demak, Rabu (28/03).

Bupati Demak Natsir, Wakil Bupati Demak Djoko Sutanto, Sekda Demak Singgih Setyono, Forkopimda dan para Kepala OPD Kabupaten Demak, juga memakai pakaian adat Demak. Termasuk komandan upacara mengenakan pakaian adat ini sesuai dengan peraturan Bupati Demak nomor 7 tahun 2017 bahwa pada tanggal 28 setiap bulannya wajib menggunakan pakaian adat.

"Ini salah satu ciri bahwa kita kompak, dan menjadi bentuk kontribusi ASN (aparatur sipil negara) untuk melestarikan baju adat Demak," kata Natsir mengaku bangga ketika melihat seluruh yang hadir mengenakan pakaian adat. Menurutnya, ini semua merupakan bentuk kebersamaan untuk bareng-bareng bangun Demak.

Pakaian yang digunakan adalah Jawi Jangkep untuk ASN pria dan kebaya untuk ASN wanita, pakaian tersebut menjadi pakaian khas Jawa Tengah khususnya Demak, hal itu dikarenakan Demak telah menjadi pusat peradaban di Pulau Jawa. “Kita berharap warisan kejayaan Kerajaan Demak ini mampu meningkatkan semangat dan daya juang dalam membangun Kabupaten Demak,” imbuhnya.

Bupati mengajak masyarakat agar bersama-sama menjadikan Kabupaten Demak gemah ripah loh jinawi, sesuai tema Hari Jadi tahun ini Ayo Bareng-bareng Mbangun Demak. “Untuk membangun Demak menjadi luar biasa dibutuhkan kerja keras dan kerja sama seluruh masyarakat,” tegas Bupati.

Pada kesempatan tersebut digelar drama kolosal persembahan dari SMA Negeri 3 Demak dibawah pimpinan Kepala Sekolah Suprapto, S.Pd. M.Pd. Diakhir acara juga diadakan penyerahan ucapan terimakasih dari masyarakat yang terselamatkan pada peristiwa kebakaran tanggal 26 Februari 2017, yaitu PT. kawan lama Berkah (PO. Kawan Lama) serta penyerahan piala kepada pemenang berbagai macam lomba yang diadakan dalam rangka peringati hari jadi Kabupaten Demak ke 515. (…./)