Adu Bakat dalam PENTAS PAI

Pemalang – Islamic Center Kabupaten Pemalang pagi hari ini, Selasa (22/8) nampak dipenuhi oleh orang-orang. Mereka adalah peserta maupun pendamping kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) tingkat Kabupaten Pemalang tahun 2017.

Pentas PAI diselenggarakan oleh Seksi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Sebelum pelaksanaan lomba, diadakan upacara pembukaan yang diikuti oleh panitia, peserta, dan pendamping di aula gedung IPHI. Acara dibuka oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag, Abdul Kodir mewakili Kepala Kankemenag.

“Pentas PAI merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuhkembangkan minat serta bakat peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Kegiatan ini merupakan wadah pembinaan bagi peserta didik untuk memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari,” jabar Abdul Kodir.

Kegiatan dimaksudkan untuk lebih memotivasi peserta yang pada gilirannya dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan, berakhlak mulia, memperkuat ukhuwah islamiyah, dan kesatuan bangsa. Dia juga meminta kepada dewan juri untuk objektif dalam penilaian agar diperoleh juara yang berkualitas yang nantinya akan mewakili Kabupaten Pemalang di tingkat yang lebih tinggi.

Ada 16 materi lomba antar lain MTQ, pidato, MHQ, kaligrafi, debat PAI, cerdas cermat, kreasi busana baik tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK.

Juara pertama dari masing-masing mata lomba akan mewakili Kabupaten Pemalang untuk mengikuti PENTAS PAI tingkat Provinsi Jateng yang rencananya akan dihelat pada tanggal 28-30 Agustus 2017 di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali. (fi/rf)