Ajang Kompetisi untuk Menggali Potensi, Minat dan Bakat, di Olimpicad

Klaten – Sembilan siswa MIM Puluhan Trucuk Klaten meraih juara dalam Lomba Olimpicad Jaringan Sekolah Muhammadiyah, SD/MI Muhammadiyah se Kabupaten Klaten yang digelar di 2 tempat, yaitu SMP I Muhammadiyah Klaten dan SD Muhammadiyah Tonggalan, Sabtu (9/2).

“Prestasi kembali ditorehkan oleh siswa MIM Puluhan, dimana kali ini sembilan siswa berhasil membawa pulang piala dalam enam cabang lomba Olimpicad 2018,” tutur Surasa, Kepala MIM Puluhan.

Olimpicad JSM sendiri adalah ajang kompetisi dan menggali potensi minat dan bakat bagi para pelajar SD/MI Muhammadiyah, dari kelas I hingga V, mencari bibit unggul di bidang akademik dan non akademik.

“Total mencapai 1755 peserta dari 74 SD/MI Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten. Tahun ini ada beberapa cabang olahraga baru, diantaranya panahan, film indie, majalah sekolah dan PTK/PTS,” katanya.

Lomba Olimpicad tahun ini ada 3 bidang yang di lombakan. Dalam lomba bidang akademik diikuti 245 peserta, bidang seni religi diikuti 568 peserta dan bidang olahraga diikuti 765 peserta.

Sementara, Sri Nugraha, plt Dinas Pendidikan Klaten menyampaikan, Olimpicad ini tidak hanya membawa event yang lebih tinggi, namun juga menjadi upaya dan sarana dalam meningkatan mutu pendidikan yang sangat tinggi terutama di Kabupaten Klaten.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana menjalin ukhuwah dan untuk uji prestasi para siswa sekolah Muhammadiyah di Klaten,” kata Sri Nugraha.

Selain membawa harum madrasah/sekolah, sekaligus juga membawa nama Kabupaten Klaten di level yang lebih tinggi. Peserta lomba merupakan orang pilihan di sekolah masing-masing dan tentunya mewakili sekolahnya juga. “Untuk yang juara, pertahankan prestasi, berusahalah semaksimal mungkin, tunjukkan kemampuan, dedikasi yang tinggi serta raihlah prestasi di tingkat provinsi,” ajaknya.

Adapun cabang lomba yang diperoleh MIM Puluhan antara lain: Juara I: Tahfidzul Qur'an Putri, Juara I: Tartil Putri, Juara I: Tilawah Putri, Juara I: Tilawah Putra, Juara II: Tartil Putra, Juara II: Kaligrafi Putri, Juara II: Pencak Silat Tanding Putri, Juara II: Pencak Silat beregu Katak Putra dan Juara III: Ismu In Arabic.(so-aj/sua)